telkomsel halo
finnet KTM

Akhirnya, Indonesia miliki aturan penyelenggara tanda tangan elektronik

11:00:00 | 20 Sep 2018
Akhirnya, Indonesia miliki aturan penyelenggara tanda tangan elektronik
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Indonesia akhirnya memiliki aturan untuk penyelenggara tanda tangan elektornik dengan diundangkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektornik pada 6 September 2018.

Aturan tersebut dibuat dalam rangka melaksanakan amanat Pasal 62 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE). (Baca: Aturan tanda tangan elektronik)

Pasal 62 ayat (4) PP PSTE mengatur bahwa Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pemberian pengakuan penyelenggara sertifikasi elektronik diatur dalam Peraturan Menteri.

Dalam dokumen yang diunggah laman resmi Kominfo.go.id, menukil sebagian isi Peraturan Menteri dinyatakan Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang    dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat   verifikasi dan  autentikasi.

Sedangkan Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik adalah kegiatan menyediakan, mengelola, mengoperasikan infrastruktur. Penyelenggara Sertifikasi Elektronik adalah badan hukum yang berfungsi sebagai pihak   yang layak dipercaya, yang memberikan dan mengaudit Sertifikat Elektronik.

Dalam aturan ini penyelenggara sertifikasi elektronik dibagi atas terdaftar, tersertifikasi, dan berinduk.

Kepemilikan sertifikat elektronik bisa diajukan ke Penyelenggara Sertifikasi Elektronik oleh orang perseorangan, termasuk aparatur sipil negara, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan warga negara asing, serta badan usaha.

Sertifikat Elektronik berfungsi sebagai alat autentikasi dan verifikasi atas: identitas Pemilik Sertifikat Elektronik, keutuhan dan keautentikan Informasi Elektronik.(id) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma