telkomsel halo

Ini fakta Google Play di usia ke-10

07:03:00 | 17 Okt 2018
Ini fakta Google Play di usia ke-10
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - App Annie merilis laporan terbarunya dengan judul "Data di Balik 10 Tahun Google Play" yang  mencatat pertumbuhan pesat pasar yang terus berlanjut bagi platform tersebut. 

Direktur Regional, App Annie Jaede Tan menjelaskan laporan ini memberikan wawasan tentang faktor pendorong utama secara geografis dan industri, aplikasi Google teratas sepanjang masa, area pertumbuhan baru, serta angka unduhan dan pendapatan yang dihasilkan.

Sorotan dari laporan ini mencakup:

• Pendapatan Google Play naik hampir dua kali lipat dalam kurun waktu 2015 - 2017, terhitung pendapatannya mencapai US$27 miliar, jauh melampaui pertumbuhan unduhan dalam rentang waktu yang sama

• Secara dramatis, Google Play telah meningkatkan porsinya dalam pembelanjaan di seluruh dunia dari 14% pada tahun 2012 menjadi 34% pada tahun 2017

• Akun Google Play diunduh sebanyak 70% di seluruh dunia, dan telah merilis hampir 10 juta aplikasi

• 1.697 aplikasi berhasil menghasilkan lebih dari US$ 1 juta dalam pembelanjaan konsumen tahunan setiap tahunnya

• Rata-rata pengguna Android di Indonesia menginstal 62 aplikasi dan aktif menggunakan 33 aplikasi dalam sebulan.

Fakta ini membuat Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 11 negara yang dipilih dalam survei ini. Negara yang menduduki puncak survei adalah Australia dengan 103 aplikasi terpasang dan 39 digunakan secara aktif dalam sebulan (halaman 10).

• Pada periode Januari 2012 hingga Agustus 2018. Indonesia menempati peringkat kelima dengan 14,6 juta unduhan, tidak jauh dari Rusia di posisi keempat dengan 15,9 juta unduhan. Sementara di posisi teratas adalah India dengan 36,9 juta unduhan.

Pertumbuhan pesat game di Asia
• Akun dari Asia-Pasifik mendominasi 39% unduhan di seluruh dunia, dan 51% pembelanjaan di Google Play
• Berkaitan dengan hal tersebut, akun aplikasi game untuk 38% unduhan di wilayah Asia Pasifik, tetapi mencapai lebih dari 90% dari semua pembelanjaan
• Peringkat negara dengan pembelanjaan dalam aplikasi game terbesar adalah Jepang, AS, Korea Selatan, Jerman, dan Taiwan – Kebetulan, fakta ini mirip dengan peringkat yang didasarkan pada negara-negara yang paling banyak berinvestasi dalam eSports

Faktor aplikasi LINE
• LINE, aplikasi perpesanan buatan Jepang, yang secara konsisten menjadi penghasil terbesar pembelanjaan konsumen sejak 2013
•    Dari 10 aplikasi teratas dunia berdasarkan pembelanjaan konsumen (eksklusif game), LINE menempati 3 tempat, dengan bertindak sebagai Google Play trump card dalam hal menghasilkan pendapatan
• Sebagai tambahan, LINE tidak masuk ke jajaran 5 aplikasi teratas iOS (eksklusif game) pada tahun 2017, setelah sebelumnya selalu hadir dalam jajaran itu, empat tahun berturut-turut.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI