telkomsel halo

Kala para bos bank sentral bicara keamanan siber

12:29:29 | 15 Okt 2018
Kala para bos bank sentral bicara keamanan siber
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pimpinan bank sentral dari berbagai penjuru dunia secara bersama-sama menghasilkan tiga kesimpulan tentang keamanan siber di acara Central Banking Forum 2018.

Pertama, perlunya pendekatan kolaboratif oleh seluruh pemangku kepentingan, baik otoritas maupun sektor swasta, termasuk berbagi informasi untuk keperluan deteksi awal risiko siber.

Kedua, pentingnya pendekatan komprehensif untuk meningkatkan ketahanan siber, termasuk aspek sumber daya manusia, proses bisnis, dan peningkatan infrastruktur teknologi.

Ketiga, bahwa keseimbangan antara inovasi dan mitigasi risiko akan menjadi kunci menjaga sistem keuangan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Kesimpulan tersebut mengemuka dalam sesi ke-2 Central Banking Forum 2018, yang merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Tahunan /Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group (AM IMF-WBG) 2018.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan keamanan dan risiko siber merupakan salah satu topik utama yang diangkat dalam Central Banking Forum 2018. Topik ketahanan siber sangat relevan bagi bank sentral mengingat pesatnya perkembangan teknologi digital.

“Mau tidak mau, teknologi digital akan berpengaruh kepada bank sentral. Di satu sisi, igitalisasi telah membantu inklusi keuangan dan menciptakan kesempatan-kesempatan baru di bidang ekonomi. Di sisi lain, terdapat pula risiko siber yang terus meningkat dan berkembang,” ujar Perry.

Untuk itu, menurut Gubernur BI, Bank sentral perlu mengambil manfaat dari perkembangan ekonomi digital, dengan tetap meminimalisasi risiko terhadap keamanan siber.

Secara keseluruhan, Central Banking Forum 2018 memberi pelajaran berharga bahwa kolaborasi antarlembaga, termasuk bank sentral, menjadi semakin tak terhindari. Dengan kerja sama dan komunikasi yang baik, masing-masing negara akan dapat meraih manfaat yang lebih besar, termasuk dalam menjaga keamanan siber.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI