telkomsel halo
finnet KTM

Bali Towerindo dukung komersialisasi AISITS

10:30:27 | 22 Okt 2018
Bali Towerindo dukung komersialisasi AISITS
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) mendukung komersialisasi Automatic Identification System Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (AISITS)   

AISITS merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Pusat Unggulan Iptek Keselamatan Kapal dan Instalasi Laut (PUI-KEKAL) ITS.

AISTIS juga merupakan produk riset dan inovasi berkelanjutan yang bisa terwujud atas dukungan pendanaan riset dan inovasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI).

Melalui PT ITS Tekno Sains bekerja sama dengan Bali Towerindo Sentra, ITS resmi me-launching AISITS sebagai produk komersial yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat, pemerintah maupun perusahaan-perusahaan maritim di Indonesia.

Aplikasi yang memanfaatkan data statis dan data dinamis kapal ini, dapat dimanfaatkan untuk lebih menjamin keselamatan operasional kapal dan instalasi laut dalam bentuk real time-early warning system berbasis internet dan mobile application.

AISITS dapat mencegah dan melindungi kapal terhadap bahaya tubrukan, melindungi pipa bawah laut akibat beban eksternal (jangkar dan obyek lainnya), untuk melindungi bangunan lepas pantai akibat bahaya ditubruk kapal, monitoring bahan bakar, monitoring emisi, menentukan tingkat kebahayaan operasional kapal, serta dapat pula digunakan sebagai basis dalam port management and traffic information system.

AISITS menggunakan teknologi sederhana, yakni pemanfaatan data yang dikirimkan oleh kapal melalui gelombang radio dan selanjutnya mengolah data tersebut dalam logic solver untuk beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas.

Ketersediaan AISITS ini menjadi penting sebagai upaya menjaga keselamatan instalasi laut dalam. Di antaranya adalah pipa bawah laut, offshore platform dan kabel laut merupakan salah satu target yang menjadi prioritas Kementerian ESDM mempertimbangkan bahwa instalasi laut merupakan salah satu obyek vital yang berperan besar dalam menjamin pertumbuhan ekonomi bangsa.

Indonesia sebagai negara kepulauan,  tentunya juga memerlukan kapal sebagai salah satu moda transportasi dan distribusi barang. AISITS dapat menjadi solusi atas kebutuhan-kebutuhan tersebut. Sehingga dengan adanya AISITS ini juga sangat penting dalam menunjang tupoksi kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan,  Kementerian Kelautan dan Perikanan, Basarnas, KNKT, dan SKK Migas.

Dalam mewujudkan program dan rencana tersebut, ITS melalui PT. ITS Tekno Sains dan Bali Towerindo Sentra menandatangani Kerjasama Operasi (KSO) untuk mengupayakan AISITS dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri melalui penyiapan infrastruktur tower dan AIS di sepanjang pantai utara Jawa.

Pada tahap pertama KSO ini, juga disiapkan central maritime monitoring room untuk memantau keselamatan kapal, pipa bawah laut, kabel laut dan anjungan lepas pantai.

Mengingat sistem AISITS ini akan mencatat berbagai macam data pergerakan kapal setiap 10 detik, KSO juga menyiapkan data center (pusat data) dan big data, yang selanjutnya akan menjadi sumber berbagai informasi setelah melalui proses analisa untuk disajikan dalam berbagai aplikasi berbasis web dan mobile phone.

AISITS pertama kali diinisiasi dan dikembangkan sejak tahun 2007 melalui kerja sama riset ITS bersama Kobe University Jepang, Osaka University Jepang, Tokyo University Jepang, National Maritime Research Institute (NMRI) Jepang, Universitas Teknologi Malaysia (UTM), Dokus Eylul University Turki serta berbagai pihak lainnya.

Proses pengembangan riset yang memakan waktu cukup lama dengan bekerja sama dengan berbagai pihak tersebut, tentu semakin membuat AISITS untuk siap masuk dalam tahap komersialisasi.

Komersialisasi AISITS ini juga selaras dengan misi Kemenristekdikti untuk meningkatkan kapasitas pemanfaatan dan komersialisasi hasil riset dan inovasi untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan bangsa.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma