telkomsel halo
finnet KTM

Bidik 3 juta Pelanggan, Bolt! akan Berikan Layanan Suara

15:10:42 | 24 Feb 2015
Bidik 3 juta Pelanggan, Bolt! akan Berikan Layanan Suara
Ilustrasi (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Layanan 4G berbasis teknologi Long-Term Evolution Time-Division Duplex (LTE TDD) dari Bolt kian bergairah pasca setahun komersial di Indonesia.

Perusahaan yang sebagian besar sahamnya dikuasai PT First Media Tbk (KBLV) itu pada akhir 2014 sudah memiliki sejuta pelanggan dan tahun ini optimistis bisa menggelembung menjadi tiga juta pelanggan. (Baca juga: Asa First Media dengan Bolt)

“Angka rata-rata pertumbuhan pengguna sebesar 54% per kuartal. Kami optimistis pada akhir 2015 bisa memiliki tiga juta pelanggan dengan jumlah BTS yang beroperasi sebanyak empat ribu site nantinya,” ungkap CEO Bolt! Dicky Moechtar di Jakarta, Selasa (24/2).

Menurutnya, kunci keberhasilan dari Bolt! adalah mampu memberikan kapasitas dan jangkauan sesuai kebutuhan pelanggan. “Kami melakukan beberapa terobosan selama 2014 seperti kecepatan data hingga 72 Mbps dan harga per kuota 70% lebih hemat. Tahun ini kami akan berinovasi dengan memberikan layanan suara,”  katanya.

VoLTE
Chief Technology Officer Bolt Devid Gubiani menjelaskan, layanan suara alias Voice over LTE (VoLTE) yang diberikan oleh Bolt! akan dikomersialkan pada kuartal kedua 2015 atau paling cepat di akhir kuartal pertama 2015.

“Kami akan memberikan layanan suara melalui paket data. Jadi, ini konsepnya sama seperti Skype atau Line. Bedanya, kami mencoba mengambil yang terbaik dari semua aplikasi itu untuk layanan suara. Platform ini akan pre install di smartphone Bolt! atau di MiFi harus diunduh terlebih dulu,” katanya.

Menurutnya, platform yang dikembangkan Bolt! itu nantinya juga bisa digunakan oleh pengguna seluler lainnya. Hal ini mengingat platform itu juga akan tersedia di toko aplikasi seperti Google Play Store.

“Memang tak bisa melakukan panggilan dengan cara tradisional karena itu harus interkoneksi. Tetapi di era data, ini bisa dilakukan on top of data, bukan? Untuk layanan suara hanya butuh kecepatan sekitar 24 Kbps, sedangkan pesan singkat dibawah itu,” jelasnya.

Sekadar diketahui, Bolt! memiliki jenis lisensi Jaringan Tetap Lokal Packet Switched. Untuk teknologi LTE memang ada rencana penomoran dengan perubahan pada Fundamental Technical Plan (FTP). (Baca juga: Bolt Tak bisa untuk suara dan SMS).

Penomoran yang diberikan untuk layanan TDD LTE  diperlukan guna Public Land Mobile Network  (PLMN ID) pada perangkat. Nomor yang dialokasikan bukan  National Destination Code (NDC) sehingga tidak ada interkoneksi alias memberikan layanan suara dan SMS dengan operator lain melalui jaringan tradisional.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma