telkomsel halo

Umitron raih investasi S$11,2 juta

04:04:46 | 23 Jun 2018
Umitron raih investasi S$11,2 juta
telkomtelstra januari - maret
SINGAPURA (IndoTelko) - UMITRON PTE. LTD. mengumumkan keberhasilannya dalam menghimpun dana S$11,2 juta pada 8 Juni.

Dana tersebut merupakan pendanaan berbentuk saham perusahaan yang pertama kali. Pendanaan itu adalah investasi gabungan yang dilakukan Innovation Network Corporation of Japan, D4V(Design for Ventures) didampingi oleh IDEO, dan angel investors.

Pendanaan tersebut ialah nilai investasi tahap awal yang terbesar dalam sejarah industri aquatech hingga saat ini. Umitron akan memperkuat sejumlah layanan dan Litbang yang telah ada melalui pendanaan itu.

Umitron dikenal menyediakan teknologi untuk meningkatkan kualitas pakan di akuakultur dan mengurangi risiko lingkungan hidup.

Perkiraan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Populasi Dunia menyatakan, jumlah penduduk dunia dapat tumbuh menjadi 9,7 miliar pada 2050.

Selain pertumbuhan populasi, dunia menghadapi kenaikan permintaan terhadap protein, salah satu nutrisi terpenting dan merupakan bagian terbesar dalam tubuh manusia setelah air. Secara khusus bagi penduduk Asia, mereka semakin menyukai pola makan yang sehat serta kebutuhan akan protein hewani di seluruh jenis makanan terus melonjak.

Tantangan terbesar yang dihadapi industri akuakultur yang sedang berkembang adalah peningkatan kualitas pakan. Biaya penyediaan pakan akuakultur mengambil porsi 50% dari biaya produksi secara keseluruhan. Selain itu, terlampau banyak menyediakan pakan hingga melebihi jumlah yang dibutuhkan ikan dapat menyebabkan permasalahan mutu air laut, seperti eutrofikasi lautan dan fenomena laut berwarna merah (red tide). 

Umitron (umitron.com) ialah perusahaan data untuk industri akuakultur, berbasis di Singapura (Kantor Pusat) dan Jepang (Pusat Litbang).

Umitron mengembangkan model akuakultur berkelanjutan yang terkomputerisasi dengan teknologi seperti IoT, penginderaan satelit dari jarak jauh dan kecerdasan buatan (AI).

Pada Juni 2017, perseroan merilis "UmiGarden", produk peningkatan mutu pakan yang pertama di sektor akuakultur, dikembangkan dari kajian lembaga pendidikan di bidang perikanan. Umitron bekerja untuk "mengembangkan Akuakultur Berkelanjutan di Bumi" serta meningkatkan keselamatan, aspek keamanan terhadap lingkungan hidup (eco-friendly), pasokan stabil terhadap sumber daya kelautan dan lingkungan kerja di sektor akuakultur lewat teknologi.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI