telkomsel halo

Robot Alibaba siap layani tamu hotel

08:07:03 | 22 Sep 2018
Robot Alibaba siap layani tamu hotel
telkomtelstra januari - maret
HANGZHOU (IndoTelko) – Industri robotik telah merevolusi dunia, dan Alibaba A.I. Labs kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan robot pelayanan untuk sektor perhotelan mulai Oktober 2018.

Pengumuman ini disampaikan pada The Computing Conference 2018, yang berlangsung hingga 22 September 2018 di Hangzhou, kota kelahiran dan pusat bisnis Alibaba Group.

Alibaba A.I.Labs adalah departemen yang memimpin pengembangan produk kecerdasan buatan di Alibaba Group.

Saat ini, operasional hotel masih sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia. Namun robot dari A.I. Labs ini menunjukkan wajah masa depan industri perhotelan.

Mulai dari mengantarkan makanan hingga pakaian kepada para tamu, robot ini bisa melakukan semuanya. Para tamu dapat berkomunikasi dengan robot dengan perintah suara, sentuhan atau gestur tangan, sementara robot akan meresponnya dengan dukungan teknologi oleh AliGenie, perangkat lunak yang berada di balik pengeras suara pintar besutan Alibaba A.I. Lab: Tmall Genie.

"Perkembangan luar biasa ini membantu menjembatani kebutuhan tamu dan kebutuhan kecepatan respon yang diinginkan. Robot dari Alibaba A.I. Labs membawa kita selangkah lebih maju dalam evolusi menuju industri hotel yang cerdas. Selain itu, kehadiran robot ini memberi solusi bagi sektor perhotelan, seperti meningkatkan efisiensi pelayanan dengan teknologi AI kami yang canggih. Robot ini akan menjadi asisten andalan para tamu hotel yang menginginkan pelayanan yang cepat dan nyaman,” ujar General Manager  Alibaba A.I. Labs Lijuan Chen.
   
Teknologi yang digunakan dalam pengembangan robot ini demikian canggih, mengombinasikan pelapis aluminium dengan fungsi multi sensor data dan komputasi paralel untuk mendapatkan respon yang cepat. Robot ini juga menggunakan peta semantik, sistem navigasi nirawak untuk mengidentifikasi kendala, sistem komunikasi untuk mengendalikan lift, dan mengindentifikasi verifikasi melalui teknologi pengenal wajah.

Tinggi robot ini kurang dari satu meter, sementara kecepatan jalannya mencapai satu meter per detik. Setelah uji coba di hotel-hotel, Alibaba A.I. Labs akan mempelajari aplikasi penggunaan robot ini di bidang lain, seperti rumah sakit, restoran, dan layanan untuk gedung perkantoran.

Menurut International Federation of Robotics, pasar global untuk robot pelayanan semakin meningkat, dengan perkiraan pertumbuhan 20% hingga 25% mulai 2018 hingga 2020. Sementara perkiraan penjualan tahun 2018–2020 mengindikasikan volume kumulatif sekitar USD 27 miliar untuk segmen robot pelayanan profesional.

Selain mengumumkan kehadiran robot ini, Alibaba A.I. Labs juga meluncurkan Tmall Genie Auto, inisiatif baru di bidang mobilitas pintar dan merupakan perluasan ekosistem Tmall Genie.

Tmall Genie adalah pengeras suara pintar paling populer di Tiongkok, dengan 5 juta unit terjual sejak peluncurannya di tahun 2017 dan menduduki peringkat ketiga di pasar pengeras suara pintar global dalam kategori total produk terkirim.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI