telkomsel halo

Motorola Solutions menangkan sengketa paten dengan Hytera Communications

11:17:58 | 09 Jul 2018
Motorola Solutions menangkan sengketa paten dengan Hytera Communications
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  – Motorola Solutions, Inc. pekan lalu mengumumkan bahwa Hakim Hukum Administrasi Mary Joan McNamara dari Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (International Trade Comission/ITC) telah mengeluarkan Pemberitahuan Keputusan Awal (Notice of Initial Determination) yang menguntungkan Motorola dalam penyelidikannya tentang pengaduan pelanggaran paten yang diajukan oleh Motorola Solutions pada tanggal 29 Maret 2017 atas Hytera Communications Corporation Limited.

Dalam pengaduan tersebut, Motorola Solutions menduga Hytera secara ilegal mengimpor dan menjual peralatan dan sistem radio dua arah serta perangkat lunak dan komponen terkait yang melanggar empat paten Motorola Solutions.

Paten-paten ini terkait dengan teknologi utama yang digunakan untuk pengoperasian produk radio profesional dan komersial Hytera yang ada di pasaran saat ini.

Putusan Hakim ini diambil setelah melalui penyelidikan panjang sebelum disidangkan selama sepekan penuh dengan menghadirkan kesaksian dari kedua belah pihak—baik saksi dari Motorola Solutions maupun Hytera, ratusan halaman materi uraian, dan ribuan barang bukti.

Sebagai bagian dari Putusan Awal (Initial Determination), Hakim McNamara menemukan bahwa keempat paten Motorola Solutions sah secara hukum, Hytera telah melanggar hak paten tersebut, dan Motorola Solutions telah membuktikan, melalui pemenuhan sejumlah persyaratan hukum, akan adanya industri domestik atau “technical domestic industry” atas tiga dari empat paten.

Hakim McNamara juga merekomendasikan perintah penangguhan hak yang mencegah impor produk yang melanggar hukum ke Amerika Serikat (AS) untuk Paten Motorola Solutions AS No. 7.369.869, 7.729.701 dan 8.279.991, serta perintah penghentian yang mencegah penjualan dan pemasaran lebih lanjut dari produk tertentu yang melanggar hukum yang telah diimpor ke Amerika Serikat. Vonis putusan final oleh ITC dijadwalkan akan ditetapkan pada 6 November 2018.

“Putusan Hakim McNamara membuktikan klaim kami secara sah di mata hukum, menghargai integritas kekayaan intelektual kami dan menegur keras Hytera atas perilakunya yang tidak bermoral dan melanggar hukum karena dengan sengaja melanggar paten Motorola Solutions. Meskipun kami menganggap Putusan Awal ini sebagai langkah yang penting, hal itu hanya salah satu komponen dari upaya global kami untuk mengatasi pencurian dan pelanggaran sistematis yang merupakan perbuatan tercela dan keji terhadap kekayaan intelektual kami,” kata Chief Administrative Officer Motorola Solutions Mark Hacker.

Diungkapkannya, Motorola Solutions memiliki rekam jejak inovasi yang panjang dan terkemuka dengan portofolio luas meliputi kurang lebih 5.000 paten.

“Kami berkomitmen dengan sangat serius untuk mempertahankan kekayaan intelektual kami yang berharga seiring upaya kami untuk terus mendorong inovasi untuk para pelanggan kami. Kami sangat menghargai kerja keras yang dilakukan oleh Hakim McNamara dan staf ITC selama penyelidikan ini, dan kami yakin bahwa seluruh ITC akan mendukung keputusan ini dan memberikan Putusan Akhir/vonis yang konsisten dengan temuan hari ini,” tukasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI