telkomsel halo

Ini mobilitas pintar yang dikembangkan Alibaba

07:26:48 | 22 Sep 2018
Ini mobilitas pintar yang dikembangkan Alibaba
telkomtelstra januari - maret
HANGZHOU (IndoTelko) - Alibaba Group mengumumkan serangkaian inisiatif mobilitas pintar dalam kemitraannya dengan beberapa merek otomotif dan penyedia layanan teknologi.

Inisiatif ini diumumkan dalam The Cloud Computing Conference, pameran teknologi terbesar dari Alibaba, yang diselenggarakan selama empat hari di Hangzhou, kampung halaman Alibaba.

Parkir Valet  
Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan dari Alibaba Group, berkolaborasi dengan Bosch, sebuah perusahaan penyedia layanan teknologi terkemuka, memperkenalkan solusi Parkir Valet Otomatis (Automated Valet Parking/AVP) di Tiongkok.

Kedua perusahaan ini akan bekerja sama untuk menyempurnakan infrastruktur dasar untuk solusi parkir nirawak. Teknologi ini didukung oleh perangkat lunak di cloud, untuk menawarkan layanan parkir valet nirawak pada masa mendatang.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Bosch akan menyediakan teknologi AVP, pengalaman rekayasa sistem, dan kemampuan IoT mereka.

Sedangkan Alibaba Cloud akan fokus pada teknologi dan pengalamannya dalam komputasi awan, analisis data, dan mobilitas pintar.

Kedua perusahaan mencari beberapa lokasi yang cocok untuk mendemonstrasikan teknologi generasi AVP selanjutnya akan diterapkan di seluruh Tiongkok. Kedua perusahaan juga berkomitmen untuk membuka peluang kolaborasi lain dalam menghubungkan mobilitas di Tiongkok dan negara lain ke depannya.

AVP adalah pendamping ideal untuk kota cerdas, di mana Bosch dan Alibaba berharap dapat menjadi pemain yang berpengaruh dalam area ini. AVP juga merupakan capaian penting dalam proses mewujudkan operasi kendaraan nirawak.  

Mobil ke Rumah
Alibaba A.I. Labs, divisi pengembangan produk AI untuk konsumen di Alibaba, mengumumkan kolaborasi dengan Volvo Cars dalam meningkatkan solusi kecerdasan buatan untuk otomotif, yakni Tmall Genie Auto, dan menambahkan layanan AI mobil ke rumah.

Tmall Genie adalah asisten pintar yang dibekali kecerdasan buatan. Melalui solusi yang telah ditingkatkan, pengemudi Volvo Cars yang telah dilengkapi perangkat Tmall Genie sepadan, dapat memonitor dan mengontrol perabotan rumah pintar melalui mobil mereka.

Layanan ini akan tersedia mulai tahun depan dan akan mencakup beberapa fitur berikut:
• Memeriksa tingkat kelembaban, suhu, cahaya, dan pendingin di rumah, serta status perabotan menyala atau mati
• Mengontrol fungsi perabotan, termasuk menyalakan pemanas, pendingin ruangan, mengunci pintu, dan pembersih udara
• Menyalakan “home model” ketika pengemudi berjarak 10 menit dari rumah, untuk mengaktifkan perabot pintar sejak masih di dalam mobil

Lebih dari 90 merek perabot telah tersedia dalam ekosistem Tmall Genie, memungkinkan lebih dari 600 perabot rumah pintar dengan mudah terhubung dengan layanan AI mobil ke rumah.

Alibaba A.I. Labs telah bekerja sama dengan Daimler, Audi, dan Volvo Cars sejak Juni lalu, untuk menawarkan layanan AI mobil ke rumah melalui Tmall Genie Auto.

Alibaba Labs juga menawarkan layanan AI speech integration dan Natural Language Processing (NLP) dalam mobil yang terintegrasi dengan fitur AliGenie, platform AI yang membantu Tmall Genie.

Teknologi ini mendukung sistem operasional kendaraan mulai dari perintah suara untuk mengidentifikasi lokasi dan restoran terdekat, memesan hotel, tiket bioskop, serta makanan untuk dibawa, hanya dengan menghidupkan navigasi mobil dan sistem hiburan.

Mobil Internet
Sebagai bagian dari kerja sama strategis antara Alibaba Group dan Ford yang disepakati Desember tahun lalu, merek otomotif ini mengkonfirmasikan pada akhir tahun ini, pelanggan Ford Kuga SUV dapat memesan layar tengah sebesar 10,4 inci dan perangkat lunak yang dilengkapi AliOS.

Peluncuran teknologi dalam Ford Kuga SUB ini  memperkuat hubungan dan pencapaian kedua perusahaan dalam bidangnya masing-masing. Peluncuran ini juga menekankan pesatnya perkembangan mobil-mobil yang terintegrasi dengan internet di Tiongkok.

Saat ini, telah ada lebih dari 500.000 kendaraan di Tiongkok yang dilengkapi internet dengan system operasi AliOS.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI