telkomsel halo
finnet KTM

Korean Airlines manfaatkan AWS untuk transformasi digital

11:00:00 | 30 Nov 2018
Korean Airlines manfaatkan AWS untuk transformasi digital
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
SEATTLE (IndoTelko) – Amazon Web Services, Inc. (AWS) mengumumkan Korean Air Lines Co., Ltd., memindahkan seluruh infrastrukturnya ke anak usaha Amazon.com itu.

Korean Air berencana untuk memanfaatkan Amazon Simple Storage Services (Amazon S3) dan layanan penyimpanan dan analisis data AWS, seperti Amazon Redshift dan Amazon Athena, untuk proyek gudang data guna meningkatkan kecerdasan bisnis dan mendapat keunggulan kompetitif melalui arahan berbasis data. 

Sebagai bagian dari pemindahan keseluruhan Korean Air ke AWS, maskapai ini memindahkan beban kerja produksi - termasuk situs webnya, program loyalitas, operasional penerbangan, dan operasional penting lainnya - ke AWS dan berencana untuk menutup pusat datanya selama tiga tahun ke depan.

Korean Air akan menggunakan database, penampungan, dan teknologi tanpa server dari AWS untuk membuat arsitektur microservices dengan AWS. Pergeseran arsitektur ini akan meningkatkan tingkat keamanan Korean Air, mengoptimalkan kinerja dan kehandalan aplikasi, dan memungkinkan maskapai untuk mengukur beban kerja secara mandiri dari berbagai ukuran dan kerumitan dalam cloud.

Para engineer dan teknisi data Korean Air akan menggunakan Amazon SageMaker — sebuah layanan machine learning AWS yang sepenuhnya terkelola — untuk membangun, melatih, dan menyebarkan model pembelajaran mesin untuk memperbaiki sistem pemeliharaan pesawat secara prediktif dan mengotomatisasi perbaikan sehingga armada maskapai penerbangan selalu siap untuk dipakai. 

Korean Air juga bermaksud untuk memanfaatkan Amazon Sumeria, seperangkat alat untuk menciptakan pengalaman realitas virtual berkualitas tinggi di web, untuk membuat program virtual pelatihan dan simulasi karyawan, meningkatkan pengalaman penerbangan dan memastikan keselamatan maksimum bagi penumpang.

“Kami sangat antusias untuk memulai hubungan 10-tahun kami dengan AWS, menggunakan berbagai layanan yang tak tertandingi untuk berinovasi dalam cloud dan memanfaatkan dukungan langsung AWS dan sumber daya khusus yang memahami tantangan yang kami hadapi,” kata CIO Korean Air Kenny Chang.

Diungkapkannya, perseroan sedang merombak seluruh infrastruktur TI  dalam tiga tahun ke depan, memindahkan semua situs web, manajemen kargo, sistem kontrol penerbangan, dan perencanaan sumber daya perusahaan dan sistem lainnya ke AWS. 

"Ini akan memungkinkan kami untuk membawa layanan baru ke pasar lebih cepat dan lebih efisien sehingga kepuasan pelanggan terus meningkat. Beroperasi pada AWS akan memungkinkan Korean Air dengan cepat dan fleksibel menanggapi perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan infrastruktur di tempat kami," katanya.

Vice President Worldwide Commercial Sales AWS Mike Clayville menilai keputusan untuk masuk sepenuhnya ke AWS menandai dimulainya transformasi digital Korean Air, menjadi salah satu konglomerat bisnis Korea pertama dan maskapai Asia Pasifik pertama yang melakukan migrasi massal ke cloud.

“Dengan memanfaatkan AWS, mereka akan dapat menggunakan portofolio layanan cloud AWS yang luas dan mendalam serta infrastruktur yang paling andal dan sangat berkinerja untuk mengembangkan bisnis mereka. Para engineer dan teknisi data mereka akan menggunakan teknologi AWS paling canggih untuk menganalisis informasi perjalanan penumpang, meningkatkan pengalaman pemesanan, dan meningkatkan kemampuan prediktif untuk menyesuaikan rute dengan aman, menghemat biaya bahan bakar, dan memelihara armada mereka," katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma