blanja 2019
telkomsel halo

Grab bangun Regional Centre of Excellence di Malaysia

09:16:28 | 06 Feb 2019
Grab bangun Regional Centre of Excellence di Malaysia
telkomsat
PETALING JAYA (IndoTelko) - Grab meluncurkan Regional Centre of Excellence (RCoE) yang baru di perkantoran milik perusahaan yang belum lama ini diperluas menjadi 54.000 kaki persegi.

Fasilitas Centre of Excellence mewadahi strategi bisnis dan sejumlah fungsi operasional yang utama bagi Grab, termasuk legal, pengalaman pelanggan, jasa keuangan dan layanan kreatif.

Ini merupakan bukti kedua dari investasi besar yang dijalankan Grab, di negara yang menjadi tempat perusahaan ini dirintis pertama kalinya.

Bukti pertama adalah peluncuran Pusat Litbang (R&D Centre) di Malaysia pada bulan lalu, jaringan Litbang ke-7 milik Grab di dunia, demi membina sumber daya manusia di sektor deep tech Malaysia. Peluncuran ini bertempat di ruang kantor yang baru diperluas, dan diresmikan oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia  Datuk Ignatius Darell Leiking.

Dengan meluncurkan Regional Centre of Excellence dan Pusat Litbang di Malaysia, Grab akan segera menciptakan setidaknya 400 lapangan kerja baru yang bernilai tinggi, menambah jumlah tenaga kerjanya di Malaysia menjadi 1.000 orang.

RCoE kelak memimpin pengembangan para tenaga profesional berkeahlian tinggi yang menjadi pakar di bidangnya masing-masing. Dengan kehadiran Grab di 336 kota di 8 negara, mereka kelak berpeluang memakai perspektif regional dalam menawarkan berbagai solusi dan melaksanakan sejumlah proyek.

Tim legal akan memberikan nasihat tentang regulasi, kebijakan dan isu-isu hukum yang berdampak terhadap keseluruhan wilayah; tim pengalaman pelanggan akan menyediakan dukungan pelanggan yang bermutu untuk beberapa negara; tim kreatif dan desain kelak mengembangkan berbagai aset kreatif untuk sejumlah kampanye dan proyek pemasaran regional; serta tim jasa keuangan akan melaksanakan berbagai kebijakan keuangan, pengadaan barang dan manajemen risiko di seluruh negara yang menjadi wilayah operasional Grab di Asia Tenggara.

Tim teknologi dan teknik di Pusat Litbang Malaysia akan berfokus pada upaya membangun kepercayaan dan sejumlah solusi, serta kinerja keselamatan yang tak hanya mengatasi isu-isu keselamatan bagi para warga di Malaysia, namun juga bagi seluruh Asia Tenggara.

Seiring langkah Grab yang meningkatkan investasi global dalam teknologi yang lebih mutakhir, ilmu data, kecerdasan buatan dan machine learning demi menjadikan setiap perjalanan, pemesanan, transaksi keuangan pada platform kami lebih aman dan terlindungi ketimbang sebelumnya, tim teknologi dan teknik Malaysia kelak berperan penting dalam menetapkan patokan tinggi untuk standar keselamatan di Asia Tenggara, serta mewujudkan target utama, yakni meniadakan insiden yang bisa dicegah pada platformnya.

"Kami gembira atas langkah Grab yang memberikan sumbangsih bagi Malaysia serta tekad membina SDM lokal di sektor teknologi, dan memfasilitasi transfer pengetahuan lewat Pusat Litbangnya," ujar Datuk Darell Leiking dalam keterangan yang dikirim Grab belum lama ini.

Dia menambahkan, pemerintah kelak bersungguh-sungguh melanjutkan transformasi digital Malaysia, menuju perwujudan kesejahteraan ekonomi yang lebih besar dan kemaslahatan masyarakat. Dalam konteks ini, National Policy on Industry 4.0 (Industry4WRD) dan National e-Commerce Strategic Roadmap (NeSR) menjadi cetak biru yang penting untuk "menarik, menciptakan dan bertransformasi'.

Country Head, Grab Malaysia Sean Goh mengatakan investasi merintis Regional Centre of Excellence dan Pusat Litbang di Malaysia adalah tanggapan perseroan terhadap ajakan pemerintah Malaysia dalam hal kerja sama pemerintah-swasta demi memajukan cetak biru Industry 4.0 dan beberapa ambisi perekonomian digital.

Angkasa Pura 2
"Kami bertekad membantu Malaysia untuk memperoleh keuntungan ekonomi yang lebih besar dengan menciptakan lapangan kerja bernilai tinggi, membina SDM deep tech, menarik lebih banyak lagi warga Malaysia di luar negeri agar kembali ke kampung halamannya. Kami selalu ingat akan asal-usul kami, sejalan dengan peran Malaysia sebagai tempat pendirian Grab pada tujuh tahun lalu, melalui target sederhana untuk mengatasi kendala keselamatan transportasi," katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma