telkomsel halo
finnet KTM

AMD dan Oracle garap layanan cloud

09:45:19 | 30 Okt 2018
AMD dan Oracle garap layanan cloud
telkomtelstra januari - maret
SANTA CLARA (IndoTelko) — Oracle mengumumkan ketersediaan dari instance (server) berbasis prosesor AMD EPYC pada Infrastruktur Cloud Oracle untuk pertama kalinya. Pada pengumuman ini, Oracle menjadi penyedia layanan cloud publik terbesar yang memiliki server Bare Metal (server yang didedikasikan khusus hanya untuk satu klien) berbasis prosesor AMD EPYC.

Layanan seri "E" yang berbasis prosesor AMD EPYC akan dipimpin versi bare metal, tipe Standard "E2" akan segera tersedia sebagai tipe instance pertama pada seri tersebut.

Pada harga US$ $0.03/Core jam, instance AMD EPYC memiliki rata-rata core hingga 66% lebih sedikit daripada instance-instance umum yang ditawarkan oleh para kompetitornya dan menjadi instance paling hemat biaya yang tersedia pada layanan cloud publik manapun.

“Dengan diluncurkannya instance AMD, sekali lagi Oracle telah mendemonstrasikan apa yang telah menjadi fokus kami untuk memberikan nilai performa dan harga terbaik bagi para pelanggan kami,” kata Senior vice president, software development, Oracle Cloud Infrastructure Clay Magouyrk dalam keterangan kemarin.

Dengan 64 core per server, dan hingga 33%  channel memori lebih banyak dibandingkan instance-instance x86 di kelasnya4, instance E2 Standar ideal untuk beban kerja analisis data yang membutuhkan core dan bandwidth memori lebih banyak.

Di dalam ekosistem Hadoop, AMD juga telah bekerja sama dengan banyak provider-provider unggulan termasuk Cloudera, Hortonworks, MapR, dan Transwarp. Dalam sebuah pengujian lengkap menggunakan aplikasi pengujian Terasort 10TB, instance AMD mendemonstrasikan penghematan biaya hingga 40% per Terasort dibandingkan dengan instances-instances x86 lainnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma