telkomsel halo

Alibaba Cloud dan ABU Sports Network siarkan pertandingan Asian Games 2018

10:06:29 | 31 Aug 2018
Alibaba Cloud dan ABU Sports Network siarkan pertandingan Asian Games 2018
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Alibaba Cloud mengumumkan kesuksesannya menyediakan solusi lengkap untuk siaran berbasis internet untuk Asia-Pacific Broadcasting Union Sports Network (ABU Sports Network).

Hal ini memungkinkan jutaan penonton di negara-negara kecil dan berkembang untuk menyaksikan kemeriahan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia melalui saluran yang terdaftar sebagai anggota ABU Sports.

Berkat solusi inovatif dari Alibaba Cloud, untuk pertama kalinya ABU Sports mampu mengirimkan video dan audio siaran langsung dari Asian Games ke lembaga-lembaga penyiaran yang memiliki hak tayang.

Bahkan siaran ini dapat ditonton oleh mereka yang berada di Timor Leste, Papua Nugini, Fiji hingga Mongolia.

Solusi berbasis cloud ini memecahkan masalah keterbatasan kapasitas penyimpanan ABU Sport di International Broadcast Center (IBC) Jakarta. ABU Sports Network kini dapat menikmati rekaman berkualitas tinggi pada platform Alibaba Cloud secara on-demand atau sesuai permintaan.

“Dahulu, gambar dan suara dari pertandingan dikirimkan melalui satelit dan hanya mereka yang memiliki perlengkapan TV satelit yang dapat menontonnya. Sekarang kami dapat memberikan pengalaman menonton yang inklusif kepada jutaan orang melalui teknologi teranyar dari Alibaba Cloud untuk ABU Sports,” kata General Manager of Global Strategic Accounts and Sports Business Unit, Alibaba Cloud Joey Tan dalam keterangan, kemarin.

Director ABU Sports Network Department Cai Yanjian mengatakan untuk pertama kalinya dalam sejarah ABU Sports Network, telah berhasil menghadirkan siaran secara meluas ke daerah-daerah seperti Fiji, Kamboja, dan Mongolia.

"Walaupun masih ada yang perlu dioptimalkan, solusi ini menjadi alternatif yang paling baik dibandingkan siaran berbasis satelit.  Dengan kemitraan ini, ABU dan Alibaba Cloud dapat menyediakan lebih banyak solusi digital layak guna, baik untuk transmisi dan siaran langsung. Teknologi ini akan menguntungkan jutaan penonton untuk perhelatan Asian Games selanjutnya dan acara-acara olahraga lainnya,” katanya.

"Kami telah berhasil menerapkan solusi untuk Asian Games dan akan terus bekerja sama dengan ABU Sports Network pada Olimpiade Tokyo 2020 dan Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, kota kelahiran dan lokasi kantor pusat Alibaba. Kami ingin dunia melihat ‘The Greatness of Small’ (‘Kehebatan Mereka Yang Kecil’), dengan menyediakan fasilitas terbaik bagi para atlet dan orang-orang yang berpartisipasi dalam pesta olahraga tersebut,” tambah Joey Tan.

Pada Januari 2018, Alibaba Group dan International Olympic Committee menandatangani kerja sama strategis jangka panjang untuk mentransformasi Olimpiade di era digital. Alibaba adalah mitra resmi untuk layanan cloud dan platform eCommerce Olimpiade.

Solusi inovatif dari Alibaba Cloud akan menyalurkan gambar dan suara dari IBC di Jakarta ke kantor pusat para anggota ABU Sports Network. Melalui data center dan kemampuan sumber daya lokal, video-video akan diproses dan ditransmisikan melalui platform cloud yang kuat ke stasiun penyiaran di berbagai wilayah Asia Pasifik.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI