telkomsel halo
finnet KTM

Tower Bersama kendalikan Gihon Telekomunikasi

13:26:04 | 03 Okt 2018
Tower Bersama kendalikan Gihon Telekomunikasi
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) mengumumkan menjadi pemegang saham pengendali dari PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk (GHON) setelah memperoleh persetujuan dari pemegang saham mayoritas GHON yakni Rudolf Parningotan Nainggolan, Hotma Linda Ebigail Sirait dan PT Gihon Nusantara Tujuh.

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen Tower Bersama menyatakan pada tanggal 1 Oktober 2018, Perseroan telah menandatangani Perjanjian Pemegang  Saham PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan pihak-pihak terkait di atas.

Ketiga pemegang saham mayoritas tersebut memiliki 70,76% saham di Gihon dengan kepemilikan melebihi 7%. Ketiganya menyetujui untuk menyerahkan pengendalian kepada Tower Bersama yang saat ini menguasai 19,8% saham GHON atau ekuivalen dengan 108,8 juta saham.

Dalam penjelasannya dinyatakan beberapa hal menjadi pertimbangan dari pengubahan pengendalian ini karena kedua  perserian memiliki bisnis lini yang sama dana akan memiliki aturan-aturan yang sama untuk mencapai tujuan optimal dalam sinergi bisnis. Tower Bersama juga akan melakukan konsolidasi pada laporan keuangan GHON sejak 1 Oktober 2018.

Tower Bersama akan melaksanakan tender offer terhadap saham Gihon Telekomunikasi  yang dimiliki publik.

Tender offer tidak ditujukan kepada saham yang dimiliki oleh Rudolf Parningotan Nainggolan, Hotma Linda Ebigail Sirait dan PT Gihon Nusantara Tujuh yang mewakili 70,76% dari total saham GHON, melainkan hanya untuk saham yang dimiliki publik.

Gihon hingga semester pertama 2018 memiliki pendapatan Rp51,3 miliar dengan laba Rp13,9 miliar. Portofolio Perseroan mengalami peningkatan sebanyak 63 penyewaan (9%) selama semester 1 2018 yang terdiri dari 38 menara telekomunikasi dan 25 kolokasi.(wn)   

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma