blanja 2019
telkomsel halo

Fitch berikan peringkat AAA bagi surat utang XL

07:47:13 | 05 Feb 2019
Fitch berikan peringkat AAA bagi surat utang XL
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) - PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) telah menetapkan Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AAA(idn)' atas penerbitan obligasi milik PT XL Axiata Tbk (XL) sebesar Rp1 triliun dan sukuk ijarah sebesar Rp1 triliun.

Penerbitan ini adalah tahap kedua dari Program Obligasi Berkelanjutan sebesar Rp5 triliun dan Program Sukuk Berkelanjutan sebesar Rp5 triliun yang dimiliki XL.

XL akan menggunakan dana dari penerbitan ini untuk membiayai belanja modal yang terkait jaringan seperti pembelian base-station subsystem dan peralatan fibre-optic transmission.

Peringkat dari program obligasi dan suku yang dimiliki XL dan penerbitan dari program-program tersebut sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang XL di 'AAA(idn)' dikarenakan resiko gagal bayar dari surat-surat utang senior tanpa jaminan ini setara dengan XL sesuai dengan definisi peringkat dari Fitch. 

Peringkat nasional di kategori 'AAA' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional untuk Indonesia. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi resiko gagal bayar yang terendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia.

Analis Fitch Christie Pardede dalam keterangannya belum lama ini menyatakan dukungan dari induk usaha XL, Axiata salah satu pertimbangan diberikannya peringkat tersebut.

Fitch memperkirakan Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) XL akan pulih pada semester pertama 2019 setelah stagnan di 2018.

Angkasa Pura 2
Selain itu, rencana XL memperluas kemampuan konvergensi fixed-mobile yang berpotensi mengarah pada akusisi mampu memitigasi tekanan dari bisnis seluler, meningkatkan pendapatan dan mengurangi churn dalam jangka panjang.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma