telkomsel halo
finnet KTM

RPX bidik pasar eCommerce di Samarinda

05:03:11 | 22 Dec 2018
RPX bidik pasar eCommerce di Samarinda
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - RPX bersinergi Pemerintah Kota Samarinda mengembangkan pelaku UMKM dan startup di Samarinda yang bermain eCommerce.

Melalui Focus Group Discussion (FGD) Smart City Pilar Smart economy Samarinda, RPX dan Pemkot Samarinda mensosialisasikan kepada UMKM setempat mengenai Samarindamart.id yang dapat mengembangkan usaha mereka dan memungkinkan adanya kemudahan dalam pendistribusian produk.

RPX menawarkan distribusi terintergrasi bagi seluruh UMKM maupun startup Samarinda yang ingin mengembangkan usaha mereka.

“Kami menyadari bahwa UMKM merupakan bagian terpenting dari perekonomian Indonesia yaitu sebagai penggerak terbesar. Untuk itu RPX beberapa tahun belakangaan ini turut serta dalam pengembangan UMKM baik berupa sosialisasi, mentoring, maupun pendistribusian produk UMKM. Sedangan dengan Pemkot Samarinda, kami berperan dalam distibusi dan pengembangan dari platform e-commerce Samarindamart.id melalui teknologi enabler yang kami miliki. Karena kami melihat potensi Samarinda dalam mengembangkan UMKM melalui keberhasilannya mengadopsi sistem smart city,” ujar COO RPX  M. Kadrial dalam keterangan, kemarin.

Saat ini RPX tengah mengembangkan sistem enabler dalam hal eCommerce, customer service serta berbagai kegiatan logistik.

Tentunya layanan tersebut merupakan penyempurnaan dari 8 business line RPX meliputi logistics warehouse, eCommerce, international express, freight forwarding, custome clearance, domestic express, warehouse  transit, dan trucking. Seluruh layanan tersebut telah terintegrasi satu dengan yang lainnya melalui konsep One Stop Logistics. Konsep ini memberikan efisiensi bagi pelaku bisnis karena segala solusi yang dibutuhkan ada pada RPX.

“Sekarang ini era digitalisasi. UMKM tak perlu lagi harus menyewa kios. Sekarang mereka bisa berjualan, memasarkan produk cukup di genggaman tangannya. Tinggal klik, transaksi selesai. Barang pun sampai ke konsumen, uang masuk ke rekening,” ucap Walikota Samarinda H Syaharie Jaang SH MSi.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, saat ini, jumlah pelaku UMKM di kota Samarinda telah mencapai 47.684.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma