blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Ini strategi Salim Group besarkan elevenia

13:54:00 | 15 Mar 2018
Ini strategi Salim Group besarkan elevenia
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Elevenia siap kembali pasang gigi untuk meramaikan pasar eCommerce Indonesia pasca diakuisisi Salim Group dari XL dan SK Planet.

“Saya melihat bahwa dunia eCommerce ini seperti sebuah maraton. Bukan sekedar kecepatan yang dibutuhkan tetapi juga daya tahan yang kuat untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Inilah yang menjadi fokus kami saat ini. Kami menginginkan pertumbuhan yang stabil dan kelangsungan hidup perusahaan di jangka panjang," kata Chief Executive Officer elevenia Sugiharto Darmakusuma, kemarin.

Chief Sales & Marketing Officer elevenia Edward Kilian menambahkan perseroan tidak lagi mengambil cara singkat dengan menggelontorkan dana besar untuk subsidi diskon semata.

"Tetapi, kami juga akan memperkuat branding, memastikan akuisisi penjual online profesional yang mampu memberikan harga kompetitif dan seleksi produk yang lengkap, juga memberikan promosi yang inovatif dalam bentuk gamification kepada pembeli, serta layanan baru yang relevan untuk pengguna," katanya.

Beberapa produk yang telah dijalankan adalah E-Mart, yang merupakan hasil kolaborasi elevenia dengan Pop Store, sebuah fitur layanan besutan Pop Box. Program E-Mart dilaksanakan untuk menyediakan kemudahan belanja keperluan harian harga grosir dan gratis ongkir. Layanan E-Mart yang saat ini masih berlaku di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, juga bisa memberikan pengiriman express (same day delivery) untuk member elevenia.

Layanan logistik dengan Indo Paket, yakni untuk drop dan ambil paket di Indomaret. Layanan ini diberikan untuk memudahkan member dan seller elevenia yang mobile untuk melakukan pengiriman produk. Barang yang dipesan akan di-drop di Indomaret pilihan buyer, kemudian kasir Indomaret akan membantu melakukan scanned produk dan memberikan receipt setiap kali barang sudah diterima oleh buyer.

Elevenia juga menambah pilihan pembayaran digital baru, OTTO Pay. OttoPay merupakan merchant aggregator yang terkoneksi dengan banyak bank di Indonesia. Layanan ini akan membuka peluang transaksi elevenia dari bank yang sebelumnya belum terkoneksi.

Kerjasama lain yang baru-baru ini diumumkan elevenia adalah kerjasama sponsorship dengan klub sepak bola Bali United. Sedikit berbeda dengan kerjasama lain yang disebut sebelumnya, pada kerja sama sponsorship ini, elevenia berperan sebagai official eCommerce partner. Dalam kerja sama ini, elevenia akan berperan sebagai kanal resmi penjualan tiket online (official online ticket partner) dan penjualan produk-produk resmi Bali United (official merchandise store). Kolaborasi dengan Bali United diharap bisa membantu elevenia untuk lebih dikenal masyarakat Bali karena Bali merupakan salah satu pasar potensial untuk pertumbuhan elevenia.

Saat ini sebanyak 93% seller yang tergabung di elevenia adalah seller individual. elevenia dengan didukung oleh Asuransi Jaga Diri, memberikan jaminan asuransi berupa santunan kepada seller sebesar Rp25 juta untuk meninggal dunia akibat kecelakaan, dan Rp2,5 juta untuk perawatan rumah sakit akibat kecelakaan.

Marketplace ini juga meluncurkan tag line baru ‘yang kamu cari, ada!’. “Kampanye ini diawali oleh insight bahwa masih banyak orang yang tidak tahu bahwa yang mereka cari, baik dari sisi produk, promosi, maupun layanan lainnya, sebetulnya ada di elevenia.

"Kami meluncurkan kampanye ini untuk mengukuhkan keberadaan elevenia di industri e-commerce, sekaligus menguatkan positioning kami di pasar,” ujarnya.

Hingga akhir Desember 2017, telah tercatat bahwa elevenia memiliki lebih dari 81.000 seller dan 4.5 juta produk listing yang melibatkan 580 ribu pembeli.

Nilai transaksi elevenia sepanjang 2017 mencapai Rp1 triliun dengan jumlah total transaksi mencapai 4 juta. Pengguna aktif aplikasi Elevenia disebut telah menyentuh angka 1,4 juta.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma