telkomsel halo
finnet KTM

BLANJA.com bawa UKM di Kampung Jokowi Go Online

06:06:03 | 07 Jun 2018
BLANJA.com bawa UKM di Kampung Jokowi Go Online
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - BLANJA.com membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi), Go Online dalam platform marketplace yang dikembangkan anak usaha Telkom dan eBay itu.

Aksi ini merupakan bagian dari gerakan “Ayo UMKM Jualan Online” dimana kali ini para UMKM Kampung Batik Laweyan dibawa BLANJA.com memasarkan produknya secara online.

Strategical Seller Development Manager BLANJA.com Monika Viany mengatakan, Kota Solo memiliki potensi fashion dengan kategori batik luar biasa yang bersumber dari kekayaan seni dan budayanya. Menjelang lebaran, produk dengan kategori fashion masuk dalam satu produk yang paling banyak dicari.

"Ini peluang yang sangat bagus bagi produk lokal UMKM di Kampung Batik Laweyan, Solo untuk memasarkannya secara online sehingga pembeli bisa berbelanja baju batik secara mudah melalui BLANJA.com," katanya.

Staf Khusus Menteri Bidang Program Management Office Kominfo Lis sutijati menjelaskan, transaksi jual beli di bulan Ramadan terbilang melonjak cukup tinggi.

"Kami mengajak para pelaku UMKM agar tak melewatkan momen ini. Targetnya, lebih kurang 18 ribu UMKM di delapan kota dalam rentang waktu dua minggu bisa jualan online," katanya.

Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) Ir. Alpha Fabela mengakui kegiatan tersebut salah satu performa untuk meluaskan jejaring pemasaran para UMKM.

Lebih lanjt Monika mengatakan, BLANJA.com hadir membuka keterbatasan akses, mendorong perubahan, serta meningkatkan peluang bagi UMKM ke pasar nasional dan kelak ke pasar global dengan cara mengedukasi, memfasilitasi mulai dari cara mengelola toko online, membuat konten pemasaran yang menarik, hingga foto produk yang baik serta pendampingan secara berkelanjutan bagi para UMKM.

Telin
Tak hanya itu, BLANJA.com juga mengajak salah satu UMKM lokal yang telah sukses berjualan online, yaitu Bapak Adi pemilik toko online Ngopi Serius asal Solo untuk berbagi cerita suksesnya sebagai bahan inspirasi para UMKM sehingga mereka berani mulai memasuki platform digital dengan go online untuk mengembangkan pemasaran produknya.

"Untuk bisa sukses berjualan online dibutuhkan kemandirian digital, peran aktif UMKM untuk terus menciptakan inovasi baru bagi produk hingga pelayanannya sehingga dapat menaikkan daya saing produk lokal. Harapannya, melalui sinergi ini akan semakin banyak UMKM sukses yang lahir dari kota Solo dan Batik bisa semakin mendunia,” tutupnya.(wn)

Tcash Merdeka
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom sigma
Kerjasama CSI