blanja 2019

Patrakom siap digitalisasi industri maritim

10:27:00 | 28 Jul 2018
telkom solution travel
Patrakom siap digitalisasi industri maritim
Direktur Bisnis Patrakom Endi Fitri Herlianto dalam seminar Digital Ship Forum 2018.(ist)
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usaha Patrakom siap melakukan digitalisasi industri maritim nasional melalui penyediaan konektifitas telekomunikasi dan aplikasi di kapal laut.

"Patrakom sejak tiga tahun lalu mulai masuk sebagai penyedia layanan internet di kapal, saat ini ada sekitar 150 kapal yang kami layani baik kapal dagang, kapal penumpang maupun kapal milik TNI-AL," ungkap Direktur Bisnis Patrakom Endi Fitri Herlianto dalam seminar Digital Ship Forum 2018, belum lama ini.

Diungkapkannya, saat ini peran Patrakom diperluas dalam menyediakan layanan di kapal laut tidak hanya sekadar konektifitas tetapi juga menyediakan berbagai aplikasi dan perangkat untuk mendukung Industri 4.0 dibidang maritim. “Secara teknologi Patrakom sudah dapat menyediakan  Internet di kapal, dan ke depan masuk ke tahapan berikutnya aplikasi diatas kapal,” ulasnya.

Menurutnya, adopsi digitalisasi di kapal menjadi sangat penting antara lain dalam rangka menekan biaya operasi dan pemeliharaan perangkat, perjalanan kapal dapat dimonitor demikian juga pemakaian bahan bakar dan aktivitas di kapal. Demikian juga dengan pertukaran informasi menjadi sangat mudah antara kapal ke darat dan sebaliknya.

Penggunaan teknologi satelit untuk melayani internet di kapal merupakan prasyarat utama karena sifat dari teknologi satelit yang dapat menjangkau semua daerah tanpa ada blank spot. Proses pemasangan dan pemeliharaan yang sudah dapat dilakukan sendiri oleh Patrakom menunjukan kesiapan perusahaan itu dalam melayani internet di kapal.

Lebih lanjut dikatakannya, bagi kapal laut yang telah terpasang internet memiliki beberapa keuntungan seperti:  

Angkasa Pura 2
• Security dan safety, karena posisi kapal akan selalu dapat termonitor sehingga apabila terjadi gangguan, lokasi kapal akan segera dapat diketahui.
• Container monitor, dengan tambahan perangkat seperti CCTV maka kontainer barang yang berada di kapal dapat diawasi keberadaan dan kondisinya.
• Crew welfare, ABK (anak buah kapal) dapat berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja ABK.
• Communication for passenger, dengan adanya wifi internet dikapal, penumpang dapat berkomunikasi dan tidak merasa bosan selama pelayaran.

telkom sigma
"Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah konsep yang sangat baik namun keberhasilannya memerlukan dukungan semua pihak, Patrakom dengan berbagai kompetensi dan kapasitas yang dimiliki berkomitmen untuk menyediakan berbagai layanan demi mendukung konsep diatas," pungkasnya menuntup paparan.(ad)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
telkom smart city
telkom sigma