Telkom dukung Magelang menjadi smart city

13:17:11 | 08 Jul 2018
telkom solution travel
Telkom dukung Magelang menjadi smart city
ilustrasi
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung Pemerintah Kabupaten Magelang  menjadi Smart City di Indonesia.

GM Telkom Witel Magelang dan Eks Kedu Fera Pebrayenti, perseroan siap membantu percepatan di bidang infrastruktur Teknologi Informasi (TI) untuk mewujudkan Magelang menjadi Smart City.

Nantinya, setiap instansi di Kelurahan dan Kecamatan akan dimodernisasi jaringan internetnya dari  kabel tembaga menjadi serat optik yang akan menyediakan koneksi internet lebih cepat dalam mendukung sistem Smart City.

"Kita akan membantu percepatan pembangunan infrastruktur, di instansi di lurah kecamatan kita ganti dengan serat optik. Kurang lebih sekitar 11 ribu jaringan akan kita ganti dari tembaga ke fiber, Progres akhir tahun ini sudah selesai semua, sehingga dapat mendukung pengembangan Smart City bagi Magelang," ujarnya belum lama ini.

Pemkab Magelang sendiri telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk dapat menjadikan Kabupatennya menjalankan smart city.   

Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, mengharapkan  melalui kerja sama yang dilakukan dengan Telkom seluruh pelayanan di instansi dan SKPD dapat terhubung.

"Kerja sama ini dalam rangka menindaklanjuti program yang sudah kita bangun bersama, kegiatan smart city akan sgera kita implementasikan. Kerja sama  Telkom, menyiapkan sarana prasaran, seluruh pelayanan masyarakat dapat kita berikan secara mudah" tuturnya.

Rencananya, Kabupaten Magelang  akan mengadopsi konsep dan aplikasi Smart City dari Kota Semarang. Berbagai pelayanan seperti pelayanan kesehatan, pelayanan perizinan, pelayanan kependudukan, pelayanan informasi, sampai sistem keuangan desa, semua akan diubah dan diintegrasikan ke dalam program kota cerdas ini.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem, mengatakan, kurang lebih sudah sebanyak 9 SKPD di Kabupaten Magelang yang sudah siap dan dapat menerapkan konsep Smart City.

"Diantaranya, bidang Kesehatan, Rumah Sakit, Perijinan, Kependudukan, Pariwisata, Perdagangan, Pendidikan, Kominfo, dan BPBD. Kesemuanya telah dinyatakan siap dan dapat segera menerapkan layanan berbasis Smart City," ujar Agus Liem.

Sejumlah layanan yakni pembuatan akta kelahiran secara langsung, ketersediaan kamar rumah sakit, perizinan yang dapat dilakukan dari desa secara online sampai informasi harga bahan pokok.(ad)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus