blanja.com

Telkom Group siap bawa BPD bersaing di era digital

14:57:50 | 12 Apr 2018
telkom solution travel
Telkom Group siap bawa BPD bersaing di era digital
Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan (tengah) kala membuka acara Transformasi Perbankan Berbasis Digital “Menuju BPD Jaman Now”, Kamis (12/4).(ist)
finnet KTM
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap membawa Bank Pembangunan Daerah (BPD) bersaing di era digital.

“Dengan dukungan jaringan konektivitas terluas, infrastruktur IT terlengkap di Indonesia, Telkom Group berkomitmen untuk mendukung BPD menjadi Regional Champion tidak hanya melalui beragam solusi digital, namun juga tim khusus yang fully dedicated untuk memastikan implementasi project sesuai dengan timeline yang sudah direncanakan” jelas Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan kala membuka acara Transformasi Perbankan Berbasis Digital “Menuju BPD Jaman Now”, yang diselenggarakan di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (12/4).

Menurutnya, perbankan dengan memanfaatkan digitalisasi bisa meminimalisir resiko keuangan, mempermudah pelaksanaan transparansi keuangan dan meningkatkan daya saing perbankan dalam mempertahankan posisinya di pasar.

"Implementasi digital banking akan mengakselerasi penguatan fungsi dan peran BPD-BPD serta pengembangan potensi ekonomi daerah," katanya.

Telkom Group siap bawa BPD bersaing di era digital

Dian Rachmawan

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana, mengungkapkan strategi Telkom untuk membantu transformasi BPD berbasis digital, diantaranya dalam hal desain operation dan architecture bagi sebuah digital bank, kemudian digital banking framework untuk BPD dan terakhir roadmap yang bisa ditempuh BPD untuk menjadi digital sepenuhnya.

Adapun transformasi digital dilakukan melalui pemanfaatan teknologi baik dalam pembuatan layanan baru, peningkatan akses untuk nasabah, dan pengelolaan resiko usaha.

Dukungan Telkom Group diharapkan dapat meminimalisasi resiko dalam transformasi dan pengembangan digital banking untuk perbankan. Sejauh ini kapabilitas Telkom Group dalam mendukung transformasi digital perbankan Indonesia mencakup area yang luas disamping dukungan konektivitas, diantaranya dengan implementasi e-money, laku pandai, cash management dengan konsep omnichannel, SOA based banking business integration, dan core banking yang sudah mensupport digital banking.

“Dengan solusi dan layanan ICT Telkom Group, diharapkan dapat mewujudkan kebutuhan industri perbankan berbasis digital. Sebagai mitra teknologi pilihan perbankan, Telkom Group akan senantiasa mendukung transformasi digital bagi BPD untuk lebih berkembang dan memberikan layanan terbaik, handal, serta sesuai dengan aturan PSAK,” ujar CEO Telkomsigma, Judi Achmadi.

Plt. Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Otoritas Jasa Keuangan, Teguh Supangkat sangat mengapresiasi langkah Telkom Group untuk mengajak BPD bertransformasi secara digital.(ad)

Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus