blanja.com

TCASH tingkatkan kualitas pelanggan dengan segarkan aplikasi

15:19:05 | 27 Mar 2018
telkom solution travel
TCASH tingkatkan kualitas pelanggan dengan segarkan aplikasi
CEO TCASH Danu Wicaksana (dok)
finnet KTM
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Aplikasi TCASH Wallet melakukan penyegaran demi meningkatkan kualitas pelangga dari layanan eMoney milik Telkomsel itu.

Aplikasi terbaru tersebut dibekali electronic-Know Your Customer (e-KYC) pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi video call untuk validasi tatap muka, bayar beli apapun di ponsel, dan Snap QR Code yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Aplikasi terbaru ini juga telah tersedia di App Store dan Google Play Store, serta merupakan versi kedua sejak perkenalan awalnya pada pertengahan tahun lalu.

Kehadiran aplikasi TCASH Wallet ini diharapkan dapat turut mendukung perkembangan bisnis TCASH, yang kini telah menjangkau lebih dari 20 juta pelanggan di 34 provinsi di Indonesia serta memproses rata-rata lebih dari 10 juta transaksi bulanan.

“Aplikasi TCASH Wallet merupakan salah satu user interface utama bagi layanan-layanan kami yang banyak digunakan oleh pelanggan. Pengembangan aplikasi terbaru ini bertujuan untuk memberikan pengalaman transaksi non-tunai yang lebih nyaman dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan. Kami pun sangat senang dapat menjadi perusahaan fintech pertama yang mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia untuk pengembangan dan penggunaan fitur Snap QR dan e-KYC dalam aplikasi,” kata CEO TCASH Danu Wicaksana, di Jakarta, Selasa (27/3).

Aplikasi terbaru TCASH didesain mengusung filosofi “uniquely Indonesian” yang tercermin dari penggunaan tone warna merah putih, serta sentuhan personal di aplikasi menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari penggunaan fitur berbagi dana (P2P) antar pengguna TCASH, yang dilakukan dengan mencari kontak pengguna penerima dana, lalu memilih transaksi yang akan dilakukan. Pelanggan juga dapat menemukan sembilan fitur utama pada halaman “home” aplikasi, yang akan mempercepat proses transaksi.

Tak hanya pengembangan konsep, aplikasi ini pun dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan terbaru. Pertama adalah fitur electronic-Know Your Customer (e-KYC), bagi pelanggan yang ingin melakukan upgrade akun TCASH mereka ke full service, agar dapat menikmati seluruh layanan secara menyeluruh termasuk dengan mudah berbagi dana (P2P), menerima, dan menarik tunai dana. Pelanggan cukup mengisi biodata, mengunggah foto KTP, dan melakukan video call dengan agen TCASH melalui aplikasi di ponsel. Fitur ini akan mulai tersedia dalam aplikasi TCASH Wallet terbaru mulai 1 April 2018.

"e-KYC ini menjadikan pengguna tak perlu antri ke GraPARI untuk meningkatkan layanan dari basic ke premium. Sejauh ini pelanggan basic kami lumayan besar, dengan kemudahan ini kita harapkan mereka migrasi ke premium service," katanya.

Selanjutnya, fitur unggulan yang dikembangkan lebih luas dalam aplikasi ini adalah fitur bayar beli apapun melalui ponsel. Dengan fitur ini, pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan (TV, internet, BPJS, PLN, PDAM, kartu Halo); pembelian voucher game online; serta pembelian pulsa dan data Telkomsel. Ke depannya, TCASH akan melengkapi layanan ini sehingga dapat menjadi one stop service untuk semua jenis pembayaran tagihan dan pembelian non-tunai di ponsel.

Fitur ketiga yang menjadi unggulan adalah Snap QR Code, untuk semakin memudahkan transaksi non-tunai. Hingga saat ini, layanan Scan QR Code sudah dapat digunakan di sekitar 5,000 outlet merchant TCASH, seperti Es Teler 77, Halal Guys, Kopi Tuku, dan ribuan outlet lainnya.

Ke depannya, TCASH berkomitmen untuk memperluas penggunaan Scan QR Code ini di merchant lokal lainnya. Tak hanya itu, Snap QR Code ini juga akan dapat segera digunakan untuk pembelian tiket transportasi, seperti Bus Rapid Trans (BRT) Semarang, serta beberapa moda transportasi lain yang saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Lebih lanjut lagi, Danu juga menambahkan jika TCASH turut mendukung pemerintah dalam melakukan standardisasi QR Code,

“Saat ini, TCASH tergabung sebagai tim persiapan dan pengembangan QR Code terstandardisasi untuk perusahaan fintech dan perbankan di Indonesia. Partisipasi ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung inisiatif GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dari Bank Indonesia," katanya.

TCASH tingkatkan kualitas pelanggan dengan segarkan aplikasi

Selain pengembangan fitur-fitur unggulan, keamanan dan dan perlindungan konsumen juga menjadi prioritas utama dalam pengembangan aplikasi TCASH Wallet terbaru ini, melalui penggunaan PIN personal pelanggan dan one-time password (OTP) untuk transaksi, serta jaringan yang aman untuk memastikan perlindungan data pelanggan.

Adanya aplikasi TCASH Wallet terbaru ini turut menguatkan strategi bisnis TCASH di masa mendatang, melalui pengembangan ekosistem keuangan digital yang lebih solid lagi, termasuk pemberdayaan pasar modern dan universitas; melengkapi kegunaan (use case) TCASH dan titik layanan (Cash in, Cash Out) sehingga semakin mudah dijangkau masyarakat; serta menawarkan beragam produk finansial ke pelanggan, seperti asuransi dan pinjaman yang juga menjadi fokus utama layanan TCASH tahun ini.

“Untuk semakin memanjakan pelanggan, kami memberlakukan zero rate untuk penggunaan aplikasi ini, artinya pelanggan tidak perlu membayar biaya penggunaan data untuk seluruh penggunaan aplikasi ini. Pelangan hanya perlu menggunakan data saat pertama kali mengunduh aplikasi, setelahnya tidak dipungut biaya apapun,” tutup Danu.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
300x250-UNL5000-sahur.jpg
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus