Senjata ABB untuk industri F&B hadapi Industri 4.0

08:44:14 | 08 Sep 2018
telkom solution travel
Senjata ABB untuk industri F&B hadapi Industri 4.0
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - ABB menawarkan solusi digital ABB Ability untuk mendukung industri makanan dan minuman (Food & Beverage/F&B) menghadapi industri 4.0.

Solusi yang diberikan ABB ini dapat menghadapi tantangan yang tengah dihadapi industri F&B di era digitalisasi. Saat ini, para produsen makanan dan minuman memiliki berbagai tantangan antara lain memperbesar volume produksi untuk meningkatkan profit, perubahan permintaan konsumen, serta penerapan peraturan perundangan untuk menjaga keamanan makanan.

ABB telah bekerja sama dengan sejumlah produsen makanan dan minuman di Indonesia, salah satunya PT Bogasari Flour Mills. Salah satu produsen tepung gandum terbesar di Indonesia yang berlokasi Surabaya, Jawa Timur, ini telah menggunakan robot ABB dalam proses palet di fasilitas produksi mereka. Robot ABB membantu Bogasari agar proses produksi dapat meningkatkan keamanan makanan, serta menjadi lebih produktif dan efisien jika dibandingkan proses manual sebelumnya.

Selain itu, pemasok bahan baku makanan dan industri, Olam International, telah memasang berbagai sensor cerdas di pabrik gula yang berbasis di Jawa Tengah, Indonesia. Di Asia, perusahaan tersebut telah menginvestasikan hampir 100 sensor cerdas untuk fasilitas produksi mereka.

“ABB berkomitmen kuat dalam membantu meningkatkan daya saing pelanggan kami di industri manufaktur untuk bersaing di pasar global. Dengan dukungan teknologi terdepan dan perkembangan digitalisasi yang positif, para pelanggan kami akan dapat beradaptasi dalam pasar yang bergerak cepat, dinamis dan kompetitif,” ujar Managing Director ABB di Indonesia, Michel Burtin, dalam keterangan, kemarin.

Berdasarkan data Kementerian Perindusterian, pada 2017, industri F&B menyumbang lebih dari 30% Produk Domestik Bruto (PDB) di sektor nonmigas. Industri ini juga mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar 9% pada tahun lalu. Penerapan Industri 4.0 diharapkan akan mendorong peningkatan kinerja dan daya saing industri F&B.

Menurut F&B Segment Leader ABB Indonesia Timo Sipila, industri di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang luar biasa, tak hanya dalam industri F&B, tetapi juga dalam hal penerapan digitalisasi di industri tersebut.

“Karena itu, kami berkomitmen memberikan solusi yang berkesinambungan bagi industri pangan dengan mendukung peningkatan kualitas produk dan keamanan makanan, serta pemanfaatan aset produksi secara efisien melalui solusi teknologi terdepan,” ujar Timo.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus