Cara PermataBank manfaatkan digitalisasi

04:05:46 | 08 Aug 2018
telkom solution travel
Cara PermataBank manfaatkan digitalisasi
ilustrasi
finnet KTM
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Tidak bisa dipungkiri, saat ini masyarakat modern memiliki beragam kebutuhan yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya.

Terlebih di era digital yang semakin canggih dengan terus hadirnya teknologi-teknologi terbaru yang memberikan dampak begitu besar terhadap gaya hidup dan perilaku masyarakat.

Hal ini sebenarnya menjadi jawaban yang sempurna bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ruang, waktu dan tempat mengingat apa yang dahulu dilakukan secara manual sekarang sudah dapat diselesaikan secara online dan ter-digitalisasi.

Saat ini, mobile banking merupakan sebuah jawaban yang tepat bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup serba praktis. Pada tahun 2019, sebanyak 1,75 miliar pengguna ponsel diprediksi menggunakan perangkat mereka untuk kepentingan mobile banking . Laporan ini menunjukkan bahwa hampir seluruh perbankan di dunia telah menerapkan teknologi mobile banking secara progresif.

Sejalan dengan hal tersebut dan untuk merespon perkembangan teknologi mobile banking yang demikian pesat, PermataBank memperkenalkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X.

“X” pada PermataMobile X mencerminkan simbol “Elevated Experience”, bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik yang menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah.

Harapannya, PermataMobile X ini dapat mewujudkan #IndonesiaTanpaStres, movement yang diusung dalam peluncuran PermataMobile X ini. Melakukan transaksi perbankan tanpa stres dan tanpa buang waktu karena semua mudah dan cepat di PermataMobile X.

Direktur Utama PermataBank Ridha DM Wirakusumah mengatakan PermataMobile X adalah platform andalan untuk semua layanan digital banking dari perseoan.  

"PermataMobile X bukan hanya sekedar persembahan teknologi digital tetapi merupakan solusi utama dalam melayani nasabah. Kami selalu mendengar dan belajar dari nasabah bagaimana pengalaman ber-banking-nya sehingga PermataMobile X telah didesain secara khusus untuk menyempurnakan dan memberikan customer experience yang optimal.  Kami akan senantiasa berinvestasi di platform ini secara berkelanjutan dengan menempatkan teknologi yang tepat dan sesuai untuk mewujudkan aspirasi kami yaitu menjadi Bank yang simple, fast dan reliable,” katanya kemarin.

Chief Information Officer serta Direktur Technology & Operation PermataBank Abdy D. Salimin menjelaskan PermataMobile X didedikasikan untuk merayakan customer experience dan era baru masa depan mobile banking di Indonesia dengan merancang ulang platform digital itu.

"Kami menyederhanakan kerumitan perbankan dan menghilangkan kebosanan ber-banking dengan mendesain ulang dan merombak total mobile banking kami sebelumnya sehingga PermataMobile X kini menjadi lebih menarik, cepat dan mudah digunakan sebagai aplikasi yang menyenangkan dalam melakukan perbankan digital dan menjadikannya masa depan mobile banking," katanya.

PermataMobile X memiliki lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi. Fitur-fiturnya menarik seperti Single Customer View yang menunjukkan semua akun di satu tempat, Peeking yang memungkinkan nasabah dapat melihat saldo dengan cepat tanpa login dan transfer ke handphone sehingga membuat transfer dana menjadi sangat mudah dilakukan.

Disamping itu, fitur-fitur lainnya adalah kemampuan untuk share receipt dengan cepat melalui WhatsApp, LINE, SMS dan email; membuka rekening giro, tabungan dan deposito berjangka; membeli dan menjual reksadana dan obligasi; melihat mutasi rekening di semua akun selama lebih dari 12 bulan dsb.

"PermataMobile X adalah building block yang penting dalam strategi digital banking PermataBank dan kami akan terus berinvestasi untuk mewujudkan brand promise kami – simple, fast dan reliable,"jelas Abdy.

Segmen Korporasi
Selain meluncurkan PermataMobile X, PermataBank juga mempersembahkan Application Program Interface (API) Banking yang mempermudah nasabah SME dan Wholesale Banking dalam melakukan transaksi perbankannya.  

API Banking ini merupakan salah satu yang pertama di industri perbankan Indonesia dan menjadi tren baru dalam perekonomian digital di Indonesia. 

Dengan API Banking, PermataBank dapat dengan mudah mengekspos dan menawarkan aset dan layanan sehingga nasabah dan mitra kerja kami dapat mengintegrasikan layanan tersebut ke platform mereka dengan cepat, mudah dan efisien. 

"Lebih dari 1.100 mitra bisnis kami sudah mulai beralih menggunakan API Banking PermataBank yang mencakup pembukaan akun untuk giro, tabungan, deposito berjangka, transfer dana, pembayaran, permintaan saldo, permintaan transaksi, order management untuk penilaian properti, layanan notaris, pengumpulan premi asuransi, pembayaran gaji, dan lainnya," katanya.(wn)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus