blanja 2019

Kominfo ingin bangun platform untuk wadahi makers IoT

10:39:28 | 12 Nov 2018
telkom solution travel
Kominfo ingin bangun platform untuk wadahi makers IoT
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (ist)
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ingin membangun platform bagi pengembang (makers) Internet of Things (IoT)  agar siap menghadapi era industri 4.0.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan pemerintah terus berupaya menjalankan fungsi sebagai fasilitator dan akselerator, dengan mendukung Industri IoT agar dapat menjadi isu nasional.

“Selama ini kita lihatnya pemerintah fokus kepada startup digital, padahal di belakangnya ada supporting industry IoT yang sudah jadi bagian hidup kita. Sejak tahun lalu sudah kita dorong supaya bisa jadi isu nasional,” jelasnya pekan lalu.

Diungkapkannya,  Kominfo bekerja sama dengan kementerian, lembaga dan stakeholders lainnya untuk menciptakan marketplace bagi para makers IoT.

Angkasa Pura 2
“Selama ini banyak yang mendesain di sini, tapi prototype-nya di luar. Ide itu cepat berkembangnya, butuh penyempurnaan yang baik. Supaya pergerakan inovasinya cepat, pemerintah ingin sediakan marketplace biar komunitas IoT tumbuh. Kalau kita buat peluang besar bagi anak-anak muda berkarya, akan terciptakan solusi bagi permasalahan di negara kita lewat IoT,” jelasnya.

telkom sigma
Ditambahkannya,Kominfo saat ini tengah menyusun standar bagi IoT. "Disusun oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) bersama dengan komunitas, untuk menjadi pegangan dalam industri IoT," ungkapnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
telkom smart city
telkom sigma