Indonesia dan Hungaria ingin kembangkan ekonomi digital

11:01:39 | 15 Mar 2018
telkom solution travel
Indonesia dan Hungaria ingin kembangkan ekonomi digital
Suasana diskusi #HUNINDOTECH Business Forum 2018 “Revolutionary Hungary”(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Indonesia dan Hungaria sepakat untuk mengembangkan ekonomi digital di masa depan.

Hal itu terlihat dalam kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama dengan Kedutaan Besar Hungaria di Indonesia menyelenggarakan kegiatan #HUNINDOTECH Business Forum 2018 “Revolutionary Hungary” pada Rabu, (14/3), di Jakarta, kemarin.

#HUNINDOTECH Business Forum 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pemerintah dan swasta di kedua negara pada sektor digital. Forum ini juga menjadi sarana menambah wawasan, menciptakan ide baru dan sharing best practice berbagai tema sektor, sekaligus ajang business networking antara pengusaha Indonesia dan Hungaria.

“Saya sangat mengapresiasi rekan-rekan yang telah menempuh perjalanan jauh dari Hungaria. Saya harap forum ini dapat membuka babak baru dalam kerja sama antara Indonesia dan Hungaria yang akan membawa perubahan lebih baik dalam perkembangan teknologi di kedua negara. Kita dapat saling berbagi pengalaman bagaimana manfaat yang dihasilkan dari perkembangan teknologi bagi masyarakat di masing-masing negara. Saya juga berharap akan ada pertemuan lanjutan antara Indonesia dan Hungaria, terutama pelaku sektor swasta dari kedua belah pihak,” jelas Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, Henri Subiakto dalam sambutannya.

Henri juga menjelaskan peran pemerintah Indonesia dalam pertumbuhan di sektor digital. “Kebijakan Indonesia dalam sektor digital menggunakan pendekatan ekosistem. Berbeda dengan sebagian besar negara berkembang lainnya yang membangun jaringan infrastruktur dan literasi digital secara bertahap, Indonesia harus memutuskan strategi yang singkat dan tepat agar tidak jauh tertinggal dibanding negara-negara di wilayah sekitar. Presiden Joko Widodo telah mengambil langkah serius untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, peran pemerintah di masa sekarang diarahkan untuk dapat menjadi fasilitator dan bahkan akselerator, dibanding sekedar menjadi regulator,” tegas Henri.

Dalam #HUNINDOTECH Business Forum ini terdapat sesi diskusi panel yang mengangkat tiga tema utama, yaitu Data Management dan Data Centers, Fintech dan Bank Security, serta Innovation dan Startup.

“Saya sangat senang melihat kerja sama ekonomi antara Hungaria dan Indonesia yang semakin berkembang pesat akhir-akhir ini. Sebagai dampak dari menguatnya hubungan bilateral kedua negara, total perjanjian di sektor perdagangan meningkat, dan jumlah turis serta pebisnis Indonesia yang mengunjungi Hungaria naik dua kali lipat dibanding tahun lalu. Selain itu banyak perusahaan Hungaria yang semakin memperkuat hubungan bisnis dan investasinya dengan partner dari Indonesia. Saya harap akan lebih banyak lagi perusahaan Hungaria yang berpartner dengan Indonesia terutama di bidang ekonomi digital,” jelas Duta Besar Hungaria Judit Pach.

Partisipasi Telkom
Secara terpisah, Senior Principal Expert, Chief of Digital & Strategic Portfolio Office Telkom Indonesia Sri Safitri mengungkapkan sebagai operator nasional, Telkom berkontribusi dalam mempererat kerjasama kedua negara.

"Bertempat di Jakarta Digital Valley, berlangsung StartUp MeetUp acara rutin bulanan yang diadakan Telkom sebagai sarana berbagi antar Startup dan pakar di berbagai bidang. Yang istimewa pada event StartUp MeetUp kali ini adalah pembicara yang khusus datang dari Hungaria bersama Dubes Hungaria untuk Indonesia, HE Judit Pach," kata penggemar kopi ini.

Indonesia dan Hungaria ingin kembangkan ekonomi digital

Sri Safitri

Diungkapkannya, acara StartUp MeetUp dihadiri oleh 70-an peserta dari startup internal Telkom (Amoeba) dan eksternal (Indigo). Rangkaian acara dibuka oleh EGM Telkom Divisi Digital Services Arief Musta’in yang menjelaskan tentang dukungan Telkom terhadap inovasi internal dan startup eksternal.

Duta Besar Hungaria Judit Pach pada sambutannya di kegiatan itu menyatakan bahwa Hungria sangat ingin bekerjasama dengan Indonesia khususnya di bidang startup dan invovasi. Hungaria meskipun penduduknya hanya 10  juta, namun sudah memenangkan puluhan Nobel dan selalu teratas sebagai negara terbaik untuk inovasi.

Dari sisi investor dan mentor, pembicara dari Hungaria Adam Sebastyen, mewakili lembaga pemerintah Hungaria yang bertanggung jawab memajukan startup Hungaria dan Trevor Howley CEO Threenovation memberikan sharingvapa saja yang dicari dan ditanya investor dari startup sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Ada 2 hal utama yang penting bagi investor yaitu minimalisasi resiko dan maksimalisasi profit.

Indonesia dan Hungaria ingin kembangkan ekonomi digital

Delegasi Hungaria dan Tim Digital Service Telkom

Mewakili startup ada Adam Perold, CEO Element, perusahaan yang bergerak di bidang Artificial Intelligent (AI) yang juga telah mendapat investasi Telkom melalui anak usahanya MDI dan Daniel Kaderjak selaku Direktur Business Development Cellum berbagi mengenai tantangan dan pengalaman sebagai startup hingga sukses membangun bisnisnya.

"Acara seperti ini sangat bermanfaat bagi startup untuk membuka wawasan internasional agar mampu bersaing dengan startup asing dan kelak mampu menjadi Next Unicorn Indonesia," kata urang awak ini.(ad)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
H_300x250.png
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus