blanja 2019

Finpay Link permudah transaksi UKM Goes Digital

13:52:06 | 25 May 2016
telkom solution travel
Finpay Link permudah transaksi UKM Goes Digital
Direktur Business & Service Finnet Syaiful Rahim (kiri), Muhammad Awaluddin (tengah), dan Niam Dzikri memperkenalkan Finpay Link dan Invoice (dok)
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) – PT Finnet Indonesia (Finnet) langsung tancap gas memperkenalkan fitur finpay link ke kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin bertransaksi digital dari media sosial.

“Pemanfaatan jejaring sosial untuk berjualan di Indonesia telah menjadi fenomena UKM Goes Digital. Tetapi, ada masalah di sisi pembayaran karena masih didominasi manual bank transfer. Finpay Link menjawab masalah ini semua bagi UKM yang biasa bertransaksi memanfaatkan media sosial,” kata Direktur Utama Finnet Indonesia Niam Dzikri dalam regular sharing session dengan IndoTelko, Rabu (25/5).

Finpay Link adalah layanan penjualan berupa link pembelian dan pembayaran yang bisa ditempatkan di berbagai media sosial dan terkoneksi dengan berbagai metode pembayaran.

Berdasarkan data we are social  pada tahun lalu, di Indonesia ada 72,7 juta pengguna internet dimana 95 mengakses media social, termasuk pelaku UKM dalam memasarkan produk.

“Sekitar 65% metode pembayaran manual transfer ini memiliki resiko kesalahan seperti salah tujuan nomor rekening dan ketidaksesuaian nominal dikarenakan human error, selain itu proses konfirmasi yang dilakukan oleh pembeli dan pengecekan rekening bank oleh penjual menjadi hambatan. Kalau pelaku UKM pakai Finpay Link, kita minimalisir kesalahan,” katanya berpromosi.

Dijelaskannya, dengan Finpay Link, pelaku usaha tinggal share link produk pada jejaring sosial lalu pembeli dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, debit online dan kode bayar yang bisa dibayarkan di Indomaret, Alfamart, Pegadaian, dan kantor pos serta channel 80 Bank yang telah bekerjasama.

Dengan Finpay Link pembeli dan pejual tidak harus melakukan konfirmasi dan pengecekan rekening karena finpay link akan memberikan notifikasi dan laporan secara realtime. (baca juga: Fitur Finpay untuk UKM)

“Selain Finpay Link, kami juga ada Finpay invoice yaitu layanan pengiriman invoice melalui email kepada pembeli yang telah melakukan pemesanan dan dapat terintegrasi dengan berbagai macam metode pembayaran. Dengan layanan ini anda dapat mengurangi biaya operasional, pengiriman invoice realtime, mempercepat proses collection, menyediakan berbagai metode pembayaran,” katanya.

Pada kesempatan sama, Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan fitur terbaru dari Finpay berupa Link dan invoice bentuk adopsi dari Telkom Group menghadapi dinamika pasar UKM Goes Digital.

Angkasa Pura 2
“Tadi kita mau tarik yang jualan di media sosial itu ke platform Blanja.com. Tetapi kita lihat semua itu ada pasarnya, jadi kita ikuti dinamika dan tawarkan Finpay Link dan Invoice,” kata Awal.

telkom sigma
Awaluddin mengharapkan kehadiran dua fitur baru dari Finpay akan menjadikan pelaku UKM yang Goes Digital bersama Telkom Group benar-benar menjalankan eCommerce secara utuh. “Look, Booked, Pay, semua melalui platform Telkom Group. Kita ingin circle eCommerce itu didukung Telkom Group, operator paling Merah Putih di negeri ini,” tutupnya.(id)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
telkom smart city
telkom sigma