blanja 2019
telkomsel halo

nPerf: Telkomsel penyedia mobile broadband terbaik di Indonesia

11:33:00 | 14 Feb 2019
nPerf: Telkomsel penyedia mobile broadband terbaik di Indonesia
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) - nPerf dalam laporan "Barometer of Mobile Internet Connections in Indonesia 2018" menyatakan Telkomsel sebagai penyedia layanan mobile Internet terbaik di Indonesia.

Telkomsel mengumpulkan skor 23185 nPoints mengalahkan Smartfren (21077 nPoints), XL Axiata (21596 nPoints), Bolt (18070 nPoints), Tri (14606 nPoints), dan Indosat (11165 nPoints).

Sepanjang 2018, pengguna nPerf di Indonesia telah melakukan sebanyak 636.757 nPerf tests, termasuk speed tests, streaming tests, dan browsing tests.

Menurut hasil test yang dilakukan nPerf sebagian besar operator seluler di Indonesia masih memberikan kecepatan yang terbatas untuk penggunaan intensif seperti streaming video dalam definisi tinggi. Hanya Smartfren yang menyediakan kecepatan unduhan yang cukup untuk penggunaan intensif.

Keberhasilan Telkomsel mendepak Smartfren dari posisi pertama menjadi sebuah kejutan mengingat di semester pertama 2018 kinerja dari operator ini lumayan baik dalam kualitas jaringan data.  

Telkomsel berhasil naik ke peringkat pertama karena kecepatan unggah (upload) yang sangat baik dan tingkat kinerja penelusuran yang signifikan.  
 
Hal yang menarik dari hasil laporan ini adalah XL Axiata kembali kompetitif. XL memiliki kecepatan unggah (5,01Mb /s), latensi, penelusuran, dan streaming.

nPerf: Telkomsel penyedia mobile broadband terbaik di Indonesia

Sementara Smartfren meskipun menempati posisi ketiga,  adalah operator seluler yang telah memberikan kecepatan unduhan terbaik (14,77 Mb/s) jauh di depan Telkomsel (8,06 Mb/s). 

Kinerja yang sangat baik ini berasal dari hasil yang kuat di LTE lanjutan. Memang, Smartfren tampaknya menjadi satu-satunya operator yang benar-benar mengembangkan jaringan LTE Advanced. Dengan tingkat koneksi 39,72%, Smartfren jauh di depan dari para pesaingnya yang tarifnya tidak melebihi 6%. Selain itu, Smartfren menghadirkan latensi yang sempurna untuk para gamer. (Baca: Laporan nPerf)

Angkasa Pura 2
Asal tahu saja, skor nPerf dinyatakan dalam nPoints, memberikan gambaran keseluruhan kualitas koneksi. Item kualitas ini menyumbang 60% dari kecepatan yang diukur (80% unduh + 20% unggahan) dan untuk 40% dari tes,antara navigasi dan streaming. Artinya skor ini mencerminkan kualitas koneksi secara keseluruhan yang dirasakan oleh pengguna.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma