eFishery Foundation dukung kampanye Hari Makan Ikan

JAKARTA (IndoTelko) - eFishery melalui eFishery Foundation, makin mempertegas komitmennya untuk pengembangan kualitas hidup masyarakat, dengan menjunjung tinggi misi untuk menyediakan protein dunia melalui akuakultur dalam upaya pencegahan stunting.

Menjelang Hari Ikan Nasional yang diperingati tiap 21 November, eFishery Foundation bekerjasama dengan Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) dan ahli gizi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mengadakan Kampanye Hari Makan Ikan untuk mengedukasi pentingnya mengkonsumsi ikan dalam mencegah stunting. Kegiatan ini juga diikuti dengan pendistribusian ikan kepada 125 peserta acara yang terdiri dari PKK, Posyandu, ibu hamil dan menyusui, serta perangkat daerah setempat.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Kekurangan asupan gizi, termasuk protein, dalam pertumbuhan anak dapat berdampak pada perkembangan fisik dan mental yang tidak optimal.

Dalam upaya mengurangi angka stunting, konsumsi ikan yang kaya akan protein tinggi dan nutrisi penting lainnya dapat menjadi salah satu solusi yang efektif. Berdasarkan data yang ada, angka konsumsi ikan masyarakat Indonesia hanya sekitar 56 kg per kapita.

Angka ini masih di bawah target Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menaikkan target konsumsi ikan nasional menjadi 61,02 kg per kapita. Rendahnya konsumsi ikan ini dapat berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat, terutama dalam hal kecukupan asupan protein dan nutrisi penting lainnya.

“eFishery Foundation terus berupaya menegaskan komitmen perusahaan untuk pengembangan kualitas hidup masyarakat, khususnya bagi mereka yang terlibat dan berada di dalam ekosistem eFishery. Kami selalu berupaya untuk mewujudkan salah satu misi eFishery, yaitu menyediakan kebutuhan pangan dunia yang berkualitas melalui produk akuakultur. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi ikan, karena ikan merupakan sumber protein yang mudah didapat, harganya terjangkau, dan kaya akan nutrisi yang baik untuk mencegah stunting. Sejalan dengan visi misi eFishery Foundation, kami berharap bisa terus berkontribusi kepada masyarakat secara berkelanjutan dan mendorong mitra lain untuk melakukan hal yang sama,” ujar Head of Regulatory and Government Affairs eFishery Luciana Dita Chandra Murni.

Salah satu tujuan utama dari inisiasi yang dilakukan eFishery Foundation ini adalah untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam memahami pentingnya konsumsi ikan dan manfaat dari produk perikanan, sehingga mampu meningkatkan konsumsi ikan di tingkat daerah.

Kesadaraan masyarakat akan manfaat produk perikanan sebagai sumber protein berkualitas tinggi harus menjadi prioritas bagi seluruh pemangku kepentingan dalam upaya menyelesaikan isu stunting sebagai isu prioritas dan memberikan edukasi secara berkala kepada masyarakat. Kegiatan ini menjadi bukti sinergi dari berbagai pihak untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan konsumsi ikan dan mengurangi angka stunting.(ak)