Eufy tawarkan CCTV dengan resolusi 2k

JAKARTA (IndoTelko) - Merek dari ANKER yang menyasar kebutuhan rumah tangga, eufy kembali hadir dengan solusi praktis nan hemat untuk keamanan rumah dan properti Anda. Kini lewat seri eufyCam 2 PRO, eufy memberikan berbagai peningkatan dari seri sebelumnya yang diperkenalkan tahun lalu.

Sebagai sebuah perangkat keamanan, eufyCam 2 PRO memiliki desain yang cantik. Menggunakan perpaduan kelir warna hitam, abu-abu serta putih, membuat CCTV yang memiliki bentuk memanjang ini cocok dipasang di berbagai sudut dalam maupun luar ruang properti Anda.

Menurut Business Manager ANKER Indonesia untuk eufy Ridwan Hidayat, meski terlihat cantik dan elegan, eufyCam 2 PRO ini telah mengantongi sertifikasi IP67 yang berarti tahan terhadap berbagai cuaca seperti panas, dingin serta guyuran hujan lebat sekalipun.

“Dan di zaman serba praktis seperti saat ini,” lanjutnya, “Anda akan terbebas dari ribetnya pemasangan CCTV tradisional yang harus menjebol plafon maupun tembok rumah untuk menyembunyikan kabel-kabel panjang, demi menjaga estetika properti," katanya.

Ini merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh eufy yang sudah menerapkan teknologi nirkabel (wireless). Sekali pengisian, baterai pada kamera akan mampu bertahan hingga 356 hari. “Hanya perlu ngecas baterainya sekali setahun loh,” tegasnya.

Berbagai fitur penunjang tentu saja sudah dimiliki CCTV yang dibandrol dengan harga Rp9,9 jutaan ini. Seperti pengenalan obyek untuk menghindari terjadinya alarm palsu, yakni, ketika sistem mendeteksi obyek mendekat padahal hanya hewan dan bukan manusia.

Jika manusia yang mendekat, terutama yang gerak-geriknya “mencurigakan”, maka fitur kecerdasan buatan alias AI akan segera mengirimkan notifikasi langsung ke ponsel Anda sehingga Anda bisa segera melakukan pengecekan real time. AI juga dapat mengidentifikasi wajah.

Nah, jika pada seri eufyCam 2C video Full HD yang dihasilkan sudah terlihat tajam, maka resolusi 2K yang ditingkatkan pada seri eufyCam 2 PRO ini tentunya akan semakin menampilkan detail yang penting untuk mengenali obyek maupun lingkungan, termasuk tulisan hingga ciri khas pada tubuh seseorang.

Ditambahkan Ridwan, ketajaman yang sama juga bisa didapatkan pada mode Advance Night Vision. Berkat bukaan lensa f2.0 yang mampu menangkap lebih banyak cahaya, obyek yang direkam pun akan semakin detail meski tanpa warna (hitam-putih) sekalipun. “Mungkin hantu pun bisa terekam jelas," katanya.

Ia mengungkapkan, lebar lensa yang tertanam pun dapat menampilkan sudut yang lebih luas lagi. Di seri eufyCam 2C lensanya memiliki sudut 135 derajat, maka eufyCam 2 PRO punya daya pandang hingga 140 derajat. Alias 5 derajat lebih lebar. Cukup signifikan.

Paket pembelian Anda akan berisi 2 buah kamera serta 1 buah eufy Security HomeBase 2, di mana kamera akan terhubung ke peladen ini dan menyimpan data video Anda pada memori berjenis EMMC berkapasitas 16GB, cukup untuk menampung file video selama 3 bulan sebelum dihapus.

Kamera eufyCam tidak dapat digunakan terpisah, tanpa kehadiran HomeBase ini. Lalu, bagaimana dengan keamanan data yang disimpan secara lokal tersebut? Tenang saja, seperti pada seri sebelumnya, eufy telah membekali enkripsi standar militer untuk melindungi data Anda.

“Hanya akun yang masuk di aplikasi terinstal di ponsel yang mampu dan diizinkan untuk mengakses data video tersimpan di HomeBase,” jelasnya.

eufyCam 2 Pro ini juga sudah dapat diintegrasikan dengan Apple HomeKit, Google Assistant serta Amazon Alexa sehingga sangat cocok untuk properti berkonsep smart house. Anda juga bisa melakukan perintah suara untuk menampilkan kamera di ruangan tertentu dengannya.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, rasanya wajar dengan biaya yang dikeluarkan oleh konsumen. Apalagi Anda tidak perlu membayar biaya langganan bulanan untuk dapat terus menikmati perlindungan keamanan yang ditawarkan eufy dari ANKER tersebut. (mas)