Xapiens tawarkan solusi e-Procurement terpadu

JAKARTA (IndoTelko) - Persaingan bisnis di era digital saat ini, menuntut industri untuk dapat terus berinovasi dan bertransformasi agar dapat terus bersaing di pasar. Dalam memenuhi tuntutan bisnis tersebut, salah satu hal penting yang harus dimiliki perusahaan adalah proses supply chain yang baik.

Supply Chain Management (SCM) dikenal memiliki proses yang panjang dan rumit, sehingga menjadi penting bagi perusahaan untuk dapat menyesuaikan kegiatan operasional mereka agar tetap bertahan di industri.

Xapiens Teknologi Indonesia (Xapiens) telah berhasil membantu meningkatkan efisiensi proses supply chain pada salah satu kliennya yang bergerak di industri pertambangan, dengan mengimplementasikan electronic procurement (e-proc). e-Proc merupakan bagian dari transformasi digital yang diinisiasi oleh klien, yang bertujuan untuk mempercepat lead time pengadaan dan juga sebagai wujud dari tata kelola perusahaan yang baik untuk proses tender serta manajemen vendor.

"Melalui penerapan e-proc, seluruh pengadaan barang dan jasa akan terintegrasi. Kami menyajikan solusi e-proc terpadu, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dari sisi operasional klien hingga 60%. Semua proses yang ada dalam e-proc akan saling terkoneksi, mulai dari registrasi vendor, purchase requisition, tendering, vendor scoring, bid selection, contract management, hingga purchase order (PO)," kata Chief Solution Officer Xapiens Teknologi Indonesia Julia Dama.

Ditambahkannya, guna meningkatkan proses pegawasan dan kontrol, Xapiens menambahkan 2 fitur unggulan dalam aplikasi e-proc yang dikembangkan, yakni fitur delivery confirmation guna memonitor konfirmasi pengiriman dan fitur vendor invoicing, melalui portal vendor yang tersedia dengan beberapa enhancement. Fitur-fitur tambahan ini membuat sistem e-procurement menjadi lebih komprehensif.

Menurut Julia, tantangan yang dihadapi tim Xapiens pada proyek kali ini adalah mengintegrasikan antar sistem ERP yang berbeda dalam lini operasional klien, sehingga dapat dipastikan semua proses e-proc dapat berjalan dengan optimal.

Dalam proyek ini, Xapiens Teknologi Indonesia mengakselerasi implementasi e-proc melalui penggunaan Odoo, solusi ERP global dari Belgia di mana Xapiens, adalah salah satu Gold Partner di Indonesia. Sistem ERP Odoo memiliki modul lengkap terintegrasi, yang cukup fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tidak hanya mengimplementasikan aplikasi e-proc, Xapiens Teknologi Indonesia juga memiliki pengalaman yang luas dalam mengimplementasikan modul-modul ERP di berbagai Industri di Indonesia, termasuk modul finance dan human capital.

Secara umum, implementasi e-proc bertujuan untuk menciptakan transparansi, efisiensi dan efektivitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa melalui media elektronik antara perusahaan dengan penyedia barang atau jasa. Dengan adanya proses digitalisasi pengadaan dalam bentuk e-proc sebagai bagian dalam proses Supply Chain Management, dapat memberikan nilai lebih bagi perusahaan dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi yang semakin kompetitif di masa depan.(ak)