Ketahui fitur-fitur Ajaib untuk trader saham cari cuan

JAKARTA (IndoTelko) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sampai dengan 24 Februari 2023 tercatat menguat sebesar 0,25 persen Month to Date (MtD) seiring dengan Investor non-resident yang membukukan inflow sebesar Rp 3,38 triliun. Secara Year to date (Ytd), IHSG menguat tipis 0,09 persen dengan inflow investor non-resident sebesar Rp162,8 miliar.

Kuatnya tren perdagangan saham membuktikan bahwa saham masih menjadi salah satu pilihan investasi terbaik di 2023. Tak heran, banyak generasi milenial dan gen z yang kini sudah menjadi trader dan mengoleksi saham di sejumlah emiten perusahaan.

Berdasarkan data OJK, tren pertumbuhan jumlah Investor terus berlanjut dengan jumlah Investor pasar modal mencapai 10,60 juta investor per 23 Februari 2023.

Meski begitu, para trader tetap membutuhkan suatu assist atau bantuan melalui platform tertentu agar kebutuhan investasinya tetap terarah dan tidak terjerumus menuju risiko yang tidak diinginkan.

Untuk itu, Ajaib sebagai platform teknologi investasi terkemuka di Indonesia, meluncurkan 30 fitur baru secara bertahap untuk membantu trader bertransaksi saham lebih baik, cepat, dan andal, sekaligus mengelola risiko secara lebih efektif sehingga para Investor bisa menjadi trader andal.

Berikut ini adalah beberapa fitur andalan bagi trader saham yang akan membantu trader dalam mengelola risiko trading dengan lebih efektif:

1. Advance Charting
Advance charting menampilkan candlestick yang menampilkan empat titik harga yaitu harga buka, tutup, tertinggi, dan terendah, yang dapat disesuaikan selama periode waktu yang sudah ditentukan oleh Trader.

Fitur ini dapat membantu seorang Active Traders perlu membuat keputusan dengan memperhatikan beberapa pertimbangan dan melakukan perhitungan secara real-time pada saat trading. Fitur advance charting juga memberikan kemampuan untuk melihat berbagai indikator teknis penting dan melakukan analisis mendalam dalam satu layar di dalam aplikasi Ajaib.

Berikut ini beberapa kelebihan dengan fitur Advance Charting di Aplikasi Ajaib:
Trader bisa melakukan scroll pada candlestick untuk melihat data historis dan informasi harga saham dengan cepat.

Analisis pergerakan saham dengan menggunakan indikator teknikal seperti Moving Average (MA), Exponential Moving Average (EMA), dan Bollinger Bands untuk memprediksi tren harga saham.
Analisis grafik volume untuk melihat seberapa aktif suatu saham diperdagangkan saat ini.

2. Strategi Saham
Seorang Trader harus punya strategi dan jeli melihat pergerakan harga saham agar bisa memaksimalkan potensi profit. Sebab, terdapat ratusan saham yang tersedia di bursa dengan harga yang terus mengalami perubahan setiap detik.

Agar dapat memaksimalkan trading, kini Ajaib Sekuritas menghadirkan fitur Strategi Saham. Dengan fitur Strategi Saham, trader bisa dengan cepat dan mudah mengakses kategori saham berdasarkan berbagai indikator keuangan.

Trader dapat dengan mudah membandingkan dan menganalisis strategi saham dengan beberapa kategori yang berbeda, seperti: Top Market Cap, Highest ROE, Highest NPM, P/E Low IDX30, PBV IDX30, Highest ROA, dan Bullish Uptrend.

3. Order Book Speed
Bagi trader, menemukan momentum terbaik untuk membeli atau menjual saham adalah hal yang penting dalam rangka memaksimalkan potensi profit. Salah satu faktor penting trader adalah kecepatan aplikasi trading saham dalam menyajikan informasi penawaran harga jual beli saham.

Untuk menunjang kebutuhan trader, Ajaib telah meningkatkan kecepatan data fitur Order Book di bawah hitungan detik, sehingga trader dapat mengakses data pasar terkini untuk mengejar momentum dalam trading. Dengan peningkatan kecepatan Order Book membuat trader dapat memasukkan order jual, beli, mengubah dan membatalkan order transaksi saham dengan cepat dan tidak kehilangan momentum trading.

4. Day Trading
Day Trading merupakan strategi membeli dan menjual satu atau kumpulan saham dalam satu hari, bahkan dalam hitungan menit. Day Trading menjadi teknik popular karena memperoleh keuntungan yang cukup besar dengan jangka waktu singkat.

Ajaib menghadirkan fitur Day Trading di dalam aplikasi yang memberikan peluang menghasilkan profit lebih cepat bagi trader aktif. Fitur Day Trading didukung oleh Price Matching Engine yang membuat trader mendapatkan harga terbaik ketika saham Day Trading terjual di akhir sesi perdagangan maupun ketika rasio Day Trading telah melebihi batas yang ditetapkan.

Estimasi harga jual dapat diakses melalui halaman Order, sedangkan harga setelah Bid Matched dapat diakses melalui halaman Riwayat.

Dengan Day Trading, trader juga dapat mencermati dan memanfaatkan momentum pergerakan naik dan turun harga saham selama sesi perdagangan. Ajaib Sekuritas memiliki fitur Day Trading untuk Investor yang ingin melakukan transaksi jual beli saham dalam satu hari.

Trader yang menggunakan fitur Day Trading akan mendapatkan tambahan modal hingga 5X Buying Power trading limit untuk transaksi jual beli saham di hari yang sama.