Survei Compas: Beauty Care pimpin FMCG dengan market share 43.5%

JAKARTA (IndoTelko) -- Pada penghujung tahun 2022 ini, Compas merilis Indonesia E-commerce FMCG Report 2022 sebagai laporan atas riset yang dilakukan selama setahun belakang. Berdasarkan keseluruhan riset, ditemukan bahwa Beauty & Care menjadi kategori unggulan pada industri FMCG. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan kategori tersebut mencapai market share sebanyak 43,5%.

Terdapat 4 kategori utama dalam industri FMCG beserta produk terlarisnya, Beauty & Care penjualannya didominasi oleh perawatan wajah sebanyak 39,5% market share; Food & Beverage dengan minuman sebagai produk favorit sebanyak 17,7% market share; Mom & Baby yang dipimpin oleh susu formula dan makanan bayi sebesar 39,5% market share; dan Health bersama produk andalannya yaitu suplemen sebesar 56% market share.

Menariknya, Tim Compas menemukan ada kecenderungan yang berbeda pada penjualan kategori Beauty & Care di Shopee dan Tokopedia. Beauty & Care berhasil menjadi kategori yang sukses mendominasi pasar di Shopee dengan market share 55%. Sementara Tokopedia, distribusi share tertinggi justru dikuasai kategori Health.

Kondisi ini menandakan adanya perbedaan potensial pasar yang perlu diperhatikan para market leader FMCG di kedua e-commerce raksasa tersebut. Lantas, bagaimana dengan tren penjualan kategori FMCG sepanjang 2022 ini?

Compas Indonesia E-commerce FMCG Report 2022 ini dapat sangat berguna bagi para pemilik usaha FMCG untuk memprediksi bisnisnya dalam mengawali tahun 2023 dengan melihat lebih dalam lagi mengenai Compas FMCG Report 2022.