Axis percayakan interaksi pelanggan ke MoEngage

JAKARTA (IndoTelko) -- MoEngage, platform keterlibatan pelanggan untuk brand konsumen menambah portfolio terbaru dengan bergabungnya AXIS untuk mengembangkan aplikasi selulernya, yaitu AXISNet. AXIS yang memiliki target pasar anak muda, menawarkan aplikasi terintegrasi bernama AXISNet, di mana AXIS memberikan banyak produk yang melayani jutaan orang Indonesia melalui aplikasi tersebut, diantaranya Access Without Quota, Lock Balance, serta bonus berupa Super Sureprize, penawaran khusus dan lainnya.

Industri telekomunikasi Indonesia adalah salah satu yang paling cepat berkembang di Asia, dengan nilai pasar USD 7,11 miliar. Langganan broadband seluler dan internet rumah, semuanya merupakan bagian dari industri ini. Bisnis telekomunikasi di tanah air berkembang dan beradaptasi dengan cepat seiring dengan pergeseran pelanggan ke era digital.

“Saat ini Indonesia juga memiliki salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Tahun lalu, diperkirakan ada 188,59 juta pengguna internet seluler di Indonesia. Pada tahun 2025, angka diharapkan naik ke 226,47 juta pengguna.”, ungkap Divya Jagwani, Associate Director, Enterprise Sales, MoEngage.

“Internet tidak diragukan lagi telah mengubah kehidupan sehari-hari sebagian besar orang Indonesia dan telah berhasil diintegrasikan ke dalam rutinitas sehari-hari mereka. Kami bersama AXIS senang bisa menjadi bagian dari digitalisasi bangsa ini”, tambah Divya.

Sasaran pelanggan AXIS mengkonsumsi banyak paket data namun tidak begitu tertarik untuk menggunakan aplikasi AXISNet atau layanan lainnya yang ditawarkan. Dengan fokus yang kuat pada pertumbuhan penggunaan aplikasi seluler, terutama di kalangan demografis anak muda, AXIS memprioritaskan keterlibatan dan konversi konsumen melalui aplikasi.

“Kami membutuhkan keahlian MoEngage dalam interaksi berbasis wawasan untuk membuat kampanye konversi yang lebih baik yang menghasilkan lebih banyak pengguna aktif di seluruh aplikasi, serta mendapatkan profil pelanggan secara 360 derajat untuk memahami preferensi dan afinitas, sehingga mengurangi ketergantungan kami pada tim teknologi.”, kata Reza Mirza, Head Product and Design Services, XL Axiata.

“Tujuan bisnis kami adalah untuk mendorong adopsi aplikasi seluler kami, meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi kampanye push, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan aplikasi.” tambah Reza, “Dari sana, kami ingin menurunkan churn dan meningkatkan retensi. Kami berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi yang aktif juga.”

AXIS kini dapat menyegmentasikan konsumen berdasarkan aktivitas serta perilaku mereka dan meluncurkan kampanye omnichannel untuk meningkatkan penyerapan dan penggunaan aplikasinya, AXISNet, menggunakan platform MoEngage.

AXIS saat ini memiliki lebih dari 10 juta pelanggan yang menggunakan aplikasi AXISnet dan mampu membangun 39 juta impressions serta meningkatkan 12 juta konversi melalui pop-up di dalam aplikasi. Dengan MoEngage, AXIS dapat mengirimkan 500+ juta notifikasi setiap bulan, menghasilkan 223 juta pembukaan aplikasi dan meningkatkan 67 juta konversi.

“Pada bulan Desember tahun lalu, Push Amplification telah menghasilkan peningkatan pengiriman push sebesar 17,3 persen. Selain itu, pengguna aktif bulanan meningkat sebesar 89,5 persen dalam waktu kurang dari setahun (dari April hingga Desember 2021), dibandingkan dengan tolok ukur sekitar 88 persen.”, ungkap Reza. 

Dengan menggunakan triggered campaign untuk pembelian terbatalkan untuk mendorong penawaran paket yang sesuai, AXIS mengalami peningkatan 24 persen dari Push Amplification dengan rasio klik-tayang 6,57 persen dan rasio konversi sebesar 4,94 persen. (sar)