Drone bisa dimanfaatkan untuk inventarisasi gudang

JAKARTA (IndoTelko) -- Drone kini mulai masuk ke industri logistik dan pergudangan untuk membantu pekerjaan manusia. Dengan meningkatnya permintaan belanja online, terjadi peningkatan permintaan untuk menyimpan barang-barang di Gudang. Logistik ataupun pergudangan sendiri melibatkan semua pergerakan barang dan pusat distribusi. Ini termasuk kegiatan seperti penerimaan, penyimpanan, pengambilan pesanan, pengumpulan, penyortiran, dan pengiriman. 

Di setiap gudang, label atau barcode pasti ada di setiap barang untuk identifikasi, dan label tersebut perlu dipasang di banyak tempat di dalam fasilitas penyimpanan. Dengan kondisi gudang yang terbatas dan dipenuhi barang-barang, memasukan pekerja dengan jumlah banyak sekalipun bukan menjadi solusi di saat seperti ini. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan drone. 

Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di bidang logistik atau pergudangan dengan memanfaatkan drone antara lain:

Manajemen Inventaris
Drone dapat dengan mudah dioperasikan dan terbang dengan ketinggian tertentu atau sesuai keinginan untuk menjangkau area di sudut manapun di area gudang untuk memindai barcode atau tag RFID produk secara otomatis sehingga perusahaan bisa mendapatkan penghitungan persediaan yang akurat dan mencari tahu apa yang perlu diisi ulang sebelum terlambat.

Pengangkut Barang
Drone pengangkut barang kini sudah mulai dilirik karena keefisiensiannya. Drone dapat terbang di area gudang dan menurunkannya di lokasi yang tepat, namun harus tetap memperhatikan berat barang yang dibawa agar tetap memperhatikan keselamatan. Dengan perkembangan drone yang cepat, diprediksi kedepannya akan ada drone yang dirancang secara otomatis untuk membawa barang berat namun tetap aman dioperasikan di ruang terbatas.

Inspeksi
Selain digunakan untuk mendeteksi barang-barang yang menumpuk di gudang, drone juga dapat digunakan untuk inspeksi bangunan gudang dengan tujuan pemeliharaan. Drone dapat mendapatkan data pada bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti atap atau tiang-tiang yang berpotensi korosi, kebocoran atau lainnya. Hal tersebut dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah jika terdeteksi sejak dini.

Pemantauan untuk Keamanan
Drone juga dapat digunakan di pergudangan untuk memantau dan meningkatkan keamanan. Drone dapat memantau inventaris dan menyediakan data real-time tentang kinerja gudang. Para operator tidak perlu menyusuri lorong panjang yang berisi tumpukan barang untuk mengetahui kondisi sekitar. Hal tersebut meningkatkan efisiensi kerja gudang dengan memberikan pandangan sekilas tentang fasilitas tersebut.

"Penggunaan drone di area gudang dan logistik dapat membantu perusahaan menghemat biaya, tenaga dan waktu, hal tersebut penting untuk keunggulan kompetitif di pasar seperti saat ini. Terra Drone Indonesia sebagai salah satu perusahaan penyedia solusi pemanfaatan drone beberapa waktu lalu sudah melakukan pekerjaan manajemen inventaris menggunakan dron di salah satu gudang logistik di Jakarta. Ke depannya, kami akan membawa solusi tersebut untuk membantu perusahaan logistik atau pergudangan lainnya untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja mereka," ujar Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia. (ssa)