UMKM manfaatkan OVO sebagai alat pembayaran

JAKARTA (IndoTelko) - Studi yang dilakukan Core Indonesia 2021 mencatat sebanyak 84% UMKM mengaku mampu bertahan selama pandemi karena menggunakan aplikasi dompet digital, OVO sebagai metode pembayaran.

Dengan tingkat brand awareness hingga 96 persen, OVO menjadi platform pembayaran digital terpopuler di Indonesia.

Head of Corporate Communication OVO Harumi Supit menuturkan, selama empat tahun, OVO semakin memperluas jangkauannya dan mendapatkan penerimaan positif dan aktif dari masyarakat. "Kami berharap dampak positif ini dapat terus kami tingkatkan, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencapai inklusi keuangan digital di Indonesia," ujar Harumi.

Dikatakannya, OVO turut mendongkrak transaksi UMKM dengan angka peningkatan transaksi harian sebanyak 70 persen. "Melalui perluasan akses pasar, adaptasi teknologi, fasilitas transaksi non tunai dan promosi yang dilakukan OVO," imbuhnya.

Sedangkan, sebanyak 84 persen UMKM terbantu oleh aplikasi OVO dan ampuh membantu daya tahan UMKM di tengah pandemi. Sebanyak 55 persen UMKM tersebut menyatakan bahwa aplikasi OVO sangat mudah digunakan.

"Catatan pencapaian OVO sepanjang tahun 2021 juga ditunjukkan dari berbagai alasan yang dipaparkan dalam Survei Kadence International Indonesia terkait alasan penggunaan OVO," ucapnya.

Sebanyak 71 persen responden menyatakan bahwa mereka menggunakan OVO karena bisa digunakan di banyak aplikasi dan merchant online.

Disusul sebanyak 67 persen alasan responden menggunakan OVO karena dapat melakukan transfer saldo ke rekening bank, dan sebanyak 66 persen menggunakan OVO karena aplikasinya mudah digunakan.

OVO juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai platform e-commerce terkemuka lainnya. Hal tersebut, lanjut dia, sebagai upaya OVO menjangkau masyarakat unbanked dan underbanked.

"Di tahun 2021 ini kami juga bekerjasama dengan BCA untuk pencairan saldo OVO di seluruh ATM BCA di Indonesia, serta pengisian saldo OVO secara offline di beberapa gerai mitra ternama," tutur Harumi.

Di tahun 2021, lanjut dia, OVO berupaya memfasilitasi kebutuhan para pengguna dengan menghadirkan layanan keuangan layanan investasi dan perlindungan asuransi yang terjangkau.(wn)