Kominfo ungkap data center Google segera beroperasi

JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan data center Google yang mendukung layanan Google Cloud segera beroperasi pada 24 Juni mendatang.

Menkominfo Johnny G Plate dalam pertemuan virtual dengan Managing Director Google Cloud region Asia Pasifik Rick Harshman dan Head ofGovernment Affairs Google Cloud Region Asia Pasifik Barbara Navarro menyatakan pembahasan difokuskan pada pembangunan pusat data (data center) Google Cloud.

“Dalam pertemuan tersebut Kementerian Kominfo dan google dan Tim Google Cloud menekankan pembahasan pada program pembangunan pusat data (data center) - Google Cloud yang dijadwalkan akan diluncurkan pada tanggal 24 Juni 2020 mendatang. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan sektor privat untuk tetap menjaga akselerasi transformasi digital di Indonesia,” jelas  Johnny.

Dalam pertemuan itu juga dibahas kolaborasi dan kerja sama Kementerian Kominfo dengan Tim Google Cloud untuk meningkatkan talenta digital Indonesia guna mendukung e-commerce, teleedukasi, hingga pemanfaatan aplikasi kesehatan daring selama pandemi.

“Kementerian Kominfo mengapresiasi dan mendukung inisiatif Tim Google Cloud dalam membangun data center yang dilengkapi dengan fitur keamanan dan privasi data serta teknologi Artificial Intelegence. Pemerintah Indonesia percaya bahwa hal ini selaras dengan tujuan Indonesia dalam pengembangan infrastruktur dan kecakapan digital yang dibutuhkan dalam transformasi digital menuju masyarakat digital,” paparnya.

Kabarnya hanya ada 20 lokasi di dunia yang menjadi data center Google dan di Indonesia salah satunya.(ak)