Dompet Dhuafa berhasil tingkatkan donasi via platform digital

JAKARTA (IndoTelko) - Dompet Dhuafa berhasil meningkatkan donasi melalui platform digital.

Selama Ramadan 1441 H, Dompet Dhuafa membukukan penghimpunan ziswaf sebanyak Rp105 Miliar dengan pertumbuhan 16,32% dibandingkan dengan tahun 2019.

Secara akumulasi, dalam semester pertama 2020, Dompet Dhuafa mengelola dana ziswaf dan sosial sekitar Rp200 Miliar. 

Dana tersebut disalurkan melalui berbagai program untuk membantu masyarakat miskin dan masyarakat terdampak Covid-19.

Staf Khusus Wakil Presiden RI Dr Lukmanul Hakim saat berkunjung ke Dompet Dhuafa, bangga melihat pertumbuhan penghimpunan dana zakat, infak, wakaf (Ziswaf), dan bantuan sosial Dompet Dhuafa yang terus tumbuh. 

"Ini menunjukkan di tengah kondisi situasi sulit akibat pandemi Covid-19, masyarakat berusaha memenuhi kewajibannya berzakat dan berbagi untuk masyarakat yang membutuhkan," ujar Lukmanul. 

Lukmanul Hakim yang didampingi Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi, mengapresiasi inovasi Dompet Dhuafa yang selama ini menjadi pionir dalam pengelolaan zakat, wakaf, dan dana sosial secara modern, transparan, dan akuntabel.

"Dengan transparansi dan profesionalisme, masyarakat semakin percaya mendonasikan dananya kepada lembaga filantropi Dompet Dhuafa," ujarnya.

Ia yakin tanpa melakukan inovasi, kreativitas, dan kemudahan layanan tidak akan menjadi pilihan donatur.

"Dompet Dhuafa sudah masuk ke ranah digital dan pemanfaatan kanal digital tumbuh 122 persen. Ini merupakan adaptasi terhadap perkembangan digital saat ini," komentar Lukman yang juga Ketua Bidang Ekonomi MUI.

Ketua Yayasan DDR, Nasyith Madjidi memaparkan, Dompet Dhuafa berkhidmat sebesar-besarnya melayani dhuafa. Melalui dana zakat, wakaf, dan dana sosial lainnya, Dompet Dhuafa mengangkat harkat dan martabat masyarakat miskin melalui program kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial & budaya dan kemanusiaan.(wn)