Menteri Johnny ungkap sebagian data pribadi bocor di Tokopedia

Menkominfo Johnny G Plate

JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan sebagian data pribadi milik pengguna Tokopedia berhasil diretas oleh peretas.

"Saya menerima laporan dari Tokopedia tentang sebagian data yang diretas. Dalam laporan itu dinyatakan data akun dan keuangan pengguna aman. Security system Tokopedia hingga saat ini belum bisa diterobos, walaupun sebagian data terkait nama, email dan telepon barangkali sebagian sudah dimasuki peretas," paparnya kemarin.

Dinyatakannya, pemerintah akan melakukan segala upaya untuk menjaga keberlangsungan ekonomi digital di Indonesia.  

"Pemerintah akan terus memastikan agar digital economy khususnya eCommerce dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan oleh peretas data atau data breach. Setiap usaha peretasan data akan ditindaklanjuti agar tidak mengganggu jalannya eCommerce," jelasnya.

Dikatakannya, Kominfo bersama Badan Siber, Sandi Nasional (BSSN), dan Tokopedia akan melakukan evaluasi dan mitigasi teknis. "Secara serius akan melakukan evaluasi, penyelidikan dan mitigasi teknis. Selain itu, melakukan update tentang perkembangannya," katanya.

Ditambahkannya, peretasan data pernah terjadi dialami perusahaan global dan lembaga pemerintah dari negara besar. "Baik di dalam negeri yang terkait platform digital maupn perusahaan besar global. Bahkan intitusi negara besar pun juga diretas," pungkasnya.(wn)