Grab ikut distribusikan Bansos

JAKARTA (IndoTelko)  - Grab akan mengerahkan ribuan armada GrabExpress yang tersebar di seluruh Indonesia agar masyarakat dapat menerima bantuan sosial (Bansos) yang menjadi bagian dari program Jaring Pengaman Sosial Penanganan COVID-19.

Head of GrabExpress, Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengaku bahwa Grab Indonesia dan seluruh mitra Grab sangat senang dapat berkontribusi langsung dengan mendukung pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) ke masyarakat.

"Kami terus mengamati situasi terbaru dari kasus ini dan dengan sigap beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Meskipun situasi masih tidak menentu, kami berkomitmen untuk bisa ambil bagian dan mengatasi krisis ini bersama. Bagi kami, kesempatan ini adalah amanah dan kami berkomitmen penuh untuk menunaikan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya demi masyarakat Indonesia. Sejalan dengan misi GrabForGood, kami ingin membawa dampak positif dari teknologi untuk masyarakat Indonesia,” jelas Tyas kemarin.

Grab menyadari bahwa sebagian besar wirausahawan mikro seperti mitra pengemudi hingga UKM kecil lainnya terkena dampak dari situasi ini. Grab terus berupaya untuk dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperoleh penghasilan dengan cara yang paling aman melalui GrabFood, GrabExpress, hingga GrabMart. Didukung dengan inovasi seperti pengantaran tanpa kontak, edukasi, serta bantuan GrabCare, kami berharap bisa membantu mereka memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Grab juga telah melakukan kerja sama dengan BenihBaik, untuk mendistribusikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam melakukan proses penyaluran bansos ini, Grab akan bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI dan PT. Pos Indonesia, badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman paket kepada masyarakat. Mekanisme penyaluran ini terbagi dengan beberapa tahap.

Secara singkat, PT. Pos Indonesia akan melakukan bulk order melalui web booking dan GrabForBusiness kemudian armada GrabExpress akan mengambil paket bantuan di kantor pos yang tertera di aplikasi. Setelah mengambil paket bantuan dari kantor pos, GrabExpress akan mengantarkan paket bantuan tersebut menuju masyarakat yang menerima dengan melakukan proses proof of delivery bila paket sudah diterima. Jika orang yang dimaksud tidak dapat dihubungi atau ditemukan, paket bantuan tersebut akan langsung dikembalikan ke PT. Pos Indonesia.(wn)