Platform Rencanamu bikin tenaga kerja siap terjun ke industri

JAKARTA (IndoTelko) - Platform Rencanamu siap berperan sebagai fasilitator dalam memberikan program persiapan karier dan pengembangan talenta yang terstruktur, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan bagi tenaga kerja untuk masuk ke industri.

Co-founder & CEO Rencanamu Rizky Muhammad mengungkapkan berdasarkan riset yang dilakukannya selama 3 tahun terakhir yang mendalami profil data lebih dari 1.6 juta siswa dan mahasiswa pengguna, serta riset terhadap industri, ditemukan fakta-fakta mengenai kondisi talenta dan ketimpangan antara supply & demand, ditemukan 92% siswa SMA/SMK sederajat bingung dan tidak tahu akan menjadi apa kedepannya. 82% siswa SMK mengambil jurusan dan bidang yang tidak sesuai dengan keinginannya. Terakhir, 45% mahasiswa merasa salah mengambil jurusan.

“Dengan Rencanamu, siswa dan mahasiswa dapat mengikuti rangkaian persiapan karier yang terdiri dari Self Discovery,  Eksplorasi, Perencanaan Karier, hingga Siap Kerja. Kerangka perencanaan karier dan pengembangan talenta Rencanamu dikembangkan berdasarkan riset yang telah dilakukan dalam tiga tahun terakhir dan telah divalidasi oleh industri sehingga terbukti dapat meningkatkan kesiapan kerja (employability) penggunanya. Di sisi lain, analytics Rencanamu memberikan gambaran secara terkini mengenai kondisi talenta dan permintaan industri yang berguna bagi pemerintah baik di tingkat provinsi atau pun pusat dalam memahami lanskap ketenagakerjaan,” sambungnya.

Rizky menjelaskan bahwa program intervensi dini bagi siswa dan mahasiswa yang menyeluruh dan berkesinambungan sangat dibutuhkan. “Disinilah  Platform Rencanamu dapat diakses melalui aplikasi smartphone dan website oleh seluruh siswa dan mahasiswa, kapan pun dan dimana pun,” jelas Rizky.

Rizky berharap dengan adanya platform Rencanamu, siswa dan mahasiswa sudah tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan, karena mereka sudah diarahkan sesuai dengan rangkaian pengembangan dan kesiapan kerja yang telah mereka lakukan di Rencanamu. “Dengan cara ini, kami dapat membantu lebih banyak siswa dan mahasiswa untuk dapat terhubung ke berbagai  kesempatan ekonomi seperti magang, pekerjaan, beasiswa, hingga program kuliah yang sesuai dengan profil dan kebutuhan mereka.” ujar Rizky. 

Sejak diluncurkan di tahun 2017, Rencanamu telah membantu lebih dari 1.6 juta pengguna untuk Siap Kuliah, Siap Kerja, dan menghubungkan pengguna dengan beragam peluang ekonomi. “Dalam satu tahun ke depan, kami ingin memperbesar dampak kami dan optimis dapat membantu lebih dari 5 juta siswa dan mahasiswa,” tambah Rizky.

Rencanamu saat ini juga tengah menjalin kerja sama dengan Rajawali Foundation dalam upaya menyukseskan Proyek Penguatan Koordinasi untuk Pembangunan Ketenagakerjaan Inklusif di Indonesia (SINERGI) fase 2 di Jawa Tengah Juli 2019-September 2020.(wn)