Roket Ariane 5 luncurkan dua satelit ke orbit

JAKARTA (IndoTelko) - Arianespace mengumumkan roket Ariane 5 berhasil menempatkan dua satelit di orbit transfer geostasioner.

Misi ini adalah bagian dari lima peluncuran ganda Ariane 5 direncanakan pada tahun 2019, untuk mengorbit total 10 satelit geostasioner.

Dua satelit yang dibawa oleh roket Ariane 5 adalah  Saudi Geostationary Satellite 1 / Hellas Sat 4 condosat untuk operator KACST dan Hellas Sat. Berikutnya ada GSAT-31 untuk Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO).

Peluncuran pertama Arianespace tahun ini berlangsung pada hari Selasa, 5 Februari pukul 18:01 (waktu setempat) dari the Guiana Space Center (CSG), French Guiana.

Bagi roket Ariane 5, itu adalah misi Ariane ke-103, menjadikan jumlah satelit geostasioner yang diluncurkan oleh Arianespace sebanyak 374.

"Tahun ini kami memulai perayaan ulang tahun ke-40 peluncuran roket Ariane Eropa pertama dengan peluncuran Ariane 5. yang sukses. Dengan menjalankan misi untuk pelanggan jangka panjang dari tiga benua - Arabsat, KACST, Hellas Sat dan ISRO - kami terus membuktikan daya tarik layanan peluncuran Arianespace untuk pelanggan dari seluruh dunia, baik secara kelembagaan maupun komersial," kata CEO Arianespace Stéphane Israël dalam keterangan, kemarin.(wn)