GO-FOOD Festival rambah Balikpapan

BALIKPAPAN (IndoTelko) - GOJEK menggelar GO-FOOD Festival di Kota Balikpapan dengan menggandeng 30 merchant kuliner pilihan. 

GO-FOOD Festival yang kali ini diselenggarakan di Mall Balikpapan Baru selama enam bulan kedepan akan manjakan para pengunjung dengan ragam cita rasa kuliner serba nikmat satu tempat.

“Kota Balikpapan sejak dulu terkenal sebagai kota transit masyarakat yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Oleh sebab itu, banyak ditemukan kuliner unik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. GO-FOOD Festival tentunya hadir dan diharapkan bisa menjadi alternatif pusat kuliner unik dan nikmat yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat sebelumnya. Selain menikmati kuliner, GO-FOOD Festival hadir menjadi titik temu untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat sambil mencicipi kuliner pilihan," kata VP Sales & Marketing GO-FOOD Festival Cassandra Aprilanda dalam keterangan, kemarin.

Selain menjadi alternatif wisata kuliner dan bersantai bersama orang terdekat, area GO-FOOD Festival juga dapat dimanfaatkan oleh komunitas sebagai wadah berkreasi. Harapannya, semakin banyak komunitas di Balikpapan yang bisa terfasilitasi untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas.  

“GO-FOOD Festival juga telah sukses membantu para pelaku UMKM kuliner di berbagai daerah di Indonesia untuk meningkatkan skala bisnisnya. Selama ini, UMKM kuliner Indonesia selalu dihadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan pendanaan, sumber daya manusia, pengetahuan bisnis, hingga penentuan lokasi berjualan untuk membuka cabang. Melalui GO-FOOD Festival, para merchant GO-FOOD bisa membuka cabang tanpa memerlukan biaya tambahan untuk sewa tempat, peralatan, dan jasa pelayanan karena seluruh fasilitas sudah disediakan oleh pihak penyelenggara,” lanjut Cassandra.

Sejak pertama kali diluncurkan pada April 2015, GO-FOOD, layanan pesan-antar makanan dalam aplikasi GOJEK telah tumbuh menjadi layanan yang terbesar di Asia Tenggara dan sukses memberikan akses pasar yang lebih luas kepada hampir 300.000 mitra merchant dimana 80% diantaranya adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Menurut data per Januari 2019, Balikpapan memiliki 2.426 UMKM dimana 73% diantaranya merupakan UMKM kuliner. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 16% dibandingkan tahun sebelumnya. Melihat potensi besar ini, GOJEK berupaya memaksimalkan pemberdayaan dan kapasitas UMKM melalui GO-FOOD yang hadir untuk menjembatani para pengusaha kuliner agar bisa mengakses pasar yang lebih luas lagi dan meningkatkan skala bisnis para pelaku kuliner.

Pada awal Januari kemarin, GO-FOOD baru saja merilis laporan Kilas Balik Kuliner selama tahun 2018, dimana Balikpapan tercatat sebagai salah satu dari 5 kota dengan pertumbuhan transaksi kuliner paling tinggi se-Indonesia. 

Sebagai 1 dari 5 kota dengan pertumbuhan GO-FOOD paling positif selama 2018, Balikpapan juga berkontribusi besar dalam prediksi kuliner di tahun 2019. Melalui analisa big data, GO-FOOD memprediksi makanan dan minuman yang akan memiliki pertumbuhan yang positif.

GO-FOOD Festival secara bertahap akan dibuka di kota-kota lainnya di Indonesia dengan menghadirkan beragam aktivitas menarik untuk menghibur para pengunjung. Dengan resmi dibukanya lokasi GO-FOOD Festival di Balikpapan, hingga saat ini GO-FOOD Festival telah berada di 30 titik dengan total lebih dari 800 mitra merchant yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.(wn)