DATAVLT ingin berdayakan UKM dengan Big Data

SINGAPURA (IndoTelko) - DATAVLT berupaya membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dari beragam industri berkembang dengan menghadirkan layanan data analytics.

"Di tengah besarnya permintaan akan analisis data perusahaan, DATAVLT berjuang menciptakan produk kompetitif guna meningkatkan status quo dan mendorong lebih banyak perusahan kecil agar menerapkan big data," tulis DATAVLT dalam keterangan (4/7)

Menurut DATAVLT, teknologi mendatang dibangun pada jaringan terdesentralisasi yang dikenal dengan blockchain, guna mengurangi ancaman dari aspek gangguan tunggal seperti upaya pembobolan bank data yang terpusat.

Arsitektur DATAVLT yang terdesentralisasi menjamin keberlanjutan fungsionalitas, bahkan jika beberapa bagian dari jaringan mengalami kerusakan.

Sebagai prinsip kriptografi, catatan value exchange disimpan dalam buku besar dan dapat diakses pihak lain dalam sistem supaya terlacak. Namun, hanya pihak-pihak yang memegang digital keys yang dapat melihat konten dari sebuah informasi.

DATAVLT ingin menghadirkan platform terbaik bagi sejumlah perusahaan biasa di pasar mana pun sehingga mereka bisa mengakses dan mengkaji data ini lewat kustomisasi open-source. Perusahaan mengajak dan memberi insentif kepada para pengembang pihak ketiga untuk menciptakan perangkat analitis atau vertikal dalam platformnya. Langkah ini mengurangi waktu dan dana bagi UKM dengan  meniru proses yang telah dioptimasikan. Hasilnya, para pengembang tersebut akan menerima utility tokens sebagai hadiah ketika sejumlah perusahaan atau individu tertentu memakai produk dan layanan dalam ekosistem platform.

Guna mengurangi biaya pemasangan infrastruktur, perawatan mesin dan sumber daya manusia, DATAVLT mengenakan biaya terhadap klien hanya ketika mereka memakai layanan analitis dengan skema pay-per-use.

DATAVLT menghimpun data perilaku konsumen dari bidang ekonomi, sosiologi dan antropologi, menyatukan data tersebut dengan penyusunan profil, tonality dan sentimen untuk menghasilkan kajian yang lebih mendalam dan bermakna.

Tujuannya, menghasilkan pengalaman konsumen yang lebih sesuai kebutuhan, penyelesaian sejumah isu layanan konsumen dan mengelola risiko ancaman serta peluang tantangan bisnis.

Selain itu, algoritma platform dan kecerdasan buatan DATAVLT akan memilah, memperingkas dan menolak data yang meragukan dari waktu ke waktu, khususnya saat menemukan kejanggalan yang mempengaruhi analisis prediktif. Fitur machine learning akan meningkatkan mutu kajian secara berkala, dan memfasilitasi pengambilan keputusan yang berdasarkan informasi.(wn)