Pegadaian jadikan TI sebagai andalan untuk transformasi

 JAKARTA (IndoTelko) - PT Pegadaian (Persero) menjadikan Teknologi Informasi (TI) sebagai andalan untuk mensukseskan transformasi menjadi perusahaan keuangan terkemuka di Indonesia.

"Pegadaian saat ini sedang giat melakukan transformasi demi bisa mewujudkan cita-cita Pegadaian menjadi perusahaan keuangan terkemuka di Indonesia," kata Direktur Utama Pegadaian Sunarso, kemarin.

Konsep yang diusung Pegadaian adalah G-Star Generation. Filosofi menciptakan G-Star Generation melalui strategi 5G’s: Grow Core (menumbuhkan bisnis utama), Grab New (menangkap peluang baru), Groom Talent (mengembangkan talenta internal), Gen-Z Tech (teknologi generasi terkini) dan Great Culture (budaya perusahaan yang hebat).

Salah satu yang menjadi fokus utama transformasi Pegadaian adalah di sektor TI. Karena Pegadaian menganggap TI bukan lagi sebagai sektor pendukung saja di dalam strutktur perusahaan, namun IT sudah menjadi salah satu pilar utama perusahaan.  

“Dengan transformasi ini, Pegadaian mencoba mengubah paradigma lama yang menganggap value perusahaan haruslah dihitung dari aset tangible (tanah, gedung) menjadi aset intangible (Big Data Costumer),” katanya

Diharapkannya, dengan perubahan paradigma tersebut, Pegadaian dapat melakukan efisiensi dengan tidak perlu mempunyai kantor fisik yang banyak dan juga nasabah tidak perlu lagi untuk hadir di kantor fisik, ketika mereka membutuhkan layanan dari Pegadaian, semua bisa dilakukan secara digital dengan didukung oleh SDM yang handal dan prima.

Sunarso menambahkan belum lama ini perusahaan meluncurkan Pegadaian Digital Service (PDS) yang merupakan jawaban dari kebutuhan milenial yang sudah sangat akrab dengan layanan keuangan berbasiskan digital.

“Ini merupakan salah satu strategi Pegadaian untuk bisa melebarkan pangsa pasarnya terutama kepada generasi muda yang menginginkan layanan keuangan serba cepat,” katanya.(wn)