Metrodata akan konsolidasi anak usaha

JAKARTA (IndoTelko) - PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) akan mengkonsolidasikan dua anak usahanya untuk mengefektifkan sumber daya agar bisa memberikan keuntungan maksimal bagi konsumen.

Dua anak usaha yang akan dikonsolidasikan adalah PT Logicalis Metrodata Indonesia (LMI) dan PT Packet System Indonesia (PSI).  

LMI didirikan pada 2011 dimana porsi saham Metrodata di anak usaha itu sebesar 49%, sedangkan 51% saham dimiliki oleh Logicalis Singapore Pte Ltd.

Sementara, PSI didirikan pada 2004 dimana Metrodata memegang 14,116% saham, dan 54,064% dikuasai Logicalis Singapore Pte Ltd.

Kedua perusahaan yang akan dimerger ini bergerak pada bidang teknologi informasi, khususnya pada bidang broadband network and infrastrukture system Integration. Meski keduanya memiliki usaha pada bidang yang sama, namun segmen pelanggan berbeda. PSI memiliki pelanggan segmen bidang enterprise sedangkan LMI memiliki segmen bidang small medium business.

"Merger antara PSI dan LMI ini diharapkan bisa menciptakan suatu sinergi yang dapat memperkuat, mengefektifkan serta mengefisiensikan penggunaan sumber daya, struktur permodalan, dan sumber keuangan PSI," ujar Sekretaris Perusahaan Metrodata Randy Kartadinata, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, belum lama ini.

Diharapkannya konsolidasi ini bisa meningkatkan daya saing dari PSI sehingga dapat memberikan keuntungan kepada seluruh pemangku kepentingan dan konsumen di Indonesia.

Setelah merger efektif, LMI akan melebur ke PSI, kepemilikan Metrodata dalam PSI akan bertambah menjadi 20,5%, melalui mekanisme penerbitan saham baru.(ak)