Advan bekali smartphone dengan sistem keamanan canggih

ilustrasi

JAKARTA (IndoTelko) – Smartphone telah menjadi perangkat sentral dan menjadi bagian yang terpisahkan dari aktivitas pengguna.

Berbagai informasi pribadi dan bisnis hingga transaksi finansial yang bersifat sensitif sekarang tersimpan di smartphone. Hal ini membuat keamanan perangkat mobile menjadi semakin penting.

Terlebih lagi perubahan yang terjadi di industri digital seperti eCommerce, online transaction dan online activities membuat smartphone memiliki peran sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, melaporkan sebesar 69,4% pengguna sudah melakukan transaksi secara online. Karena pengguna lebih berminat untuk bertransaksi secara online, karena selain praktis dan nyaman, harga barang yang ditawarkan lebih murah dibanding toko offline.

Dengan pesatnya pertumbuhan transaksi online tersebut, pengaruh adanya cyber crime juga semakin meningkat, mulai dari hal yang terjadi sehari-hari seperti membajak smartphone, mengcopy data rahasia, sampai dihack oleh penjahat digital karena smartphone yang tidak memiliki sistem keamanan memadai.

Lebih dari 1,5 juta insiden malware mobile baru telah terdeteksi oleh McAfee Labs pada kuartal pertama tahun ini, dengan total lebih dari 16 juta insiden malware mobile.

Hal inilah yang menjadi perhatian utama bagi Advan untuk mengembangkan smartphone dengan sistem keamanan mutakhir. Melalui produk terbarunya, Advan A8, brand kebanggaan nasional ini mengumumkan positioning sebagai “Privacy Protector Phone”.

Project Director Advan Hasnul Suhaimi mengatakan laporan keamanan dari berbagai lembaga riset tersebut menjadi bukti bahwa smartphone dengan sistem keamanan yang bagus harus menjadi concern juga bagi konsumen.

“Banyak sekali masalah keamanan yang menyangkut penggunaan smartphone seperti serangan malware, virus, peretasan data, dan sebagainya bahkan melibatkan tokoh terkenal maupun selebritis. Kita tentu tidak mau menjadi korban serangan data yang bakal merugikan seperti itu,” kata Hasnul, kemarin.  

Dikatakannya, Advan A8 merupakan bukti dari komitmen Advan untuk menghadirkan smartphone yang tidak hanya memiliki fitur yang kaya dan canggih, tetapi juga sistem keamanan handal yang sekarang telah menjadi identitas dari produk baru Advan.

Direktur Marketing Advan Tjandra Lianto mengatakan bahwa positioning Advan sebagai Privacy Protector Phone lahir dari berbagai kondisi di lapangan. Di mana konsumen sebenarnya membutuhkan ponsel yang lebih aman, namun seringkali tidak menemukan solusi yang tepat.

“Advan A8 menjadi jawaban bagi konsumen yang membutuhkan smartphone dengan fitur canggih dan kekinian seperti Dual Camera, Fingerprint hingga memori RAM yang besar. Tapi di atas semua itu, smartphone ini memiliki sistem security handal yang memberikan rasa aman kepada konsumen melalui platform IDOS (Indonesia Operating System) yang kami kembangkan,” kata Tjandra.

Dalam laporan terbaru IDC di kuartal kedua tahun 2017 menyebut bahwa Top 5 merk smartphone di Indonesia adalah Samsung (32%), Oppo (24%), Advan (9%), Asus (7%), dan Xiaomi (3%).

Meski penjualan ponsel merk lokal cenderung menurun, namun kinerja penjualan Advan terbukti meningkat. Data IDC menyebutkan, di antara vendor lokal sendiri, Advan meninggalkan jauh rivalnya dengan perolehan market share 49%.

IDC menyebut bahwa penjualan smartphone kelas menengah tumbuh lebih dari dua kali lipat. Kuartal kedua ini, smartphone dengan kisaran harga Rp2,5 juta sampai Rp5 juta, menguasai sekitar 28% dari total penjualan smartphone di Indonesia.(tp)