Roket Ariane 5 jalankan 80 misi dengan sukses

JAKARTA (IndoTelko) - Arianespace berhasil mempertahankan kisah sukses bagi wahana peluncur satelitnya, Ariane 5, dengan menjalankan 80 misi secara sukses sejak 2003.

Dalam keterangan resminya (29/6) dinyatakan misi ke-80 yang dijalani roket Ariane 5 adalah meluncurkan satelit Hellas Sat 3-Inmarsat S EAN milik operator Hellas Sat dan Inmarsat, serta satelit GSAT-17 milik Indian Space Research Organization (ISRO).

Ariane 5 memang memiliki kelebihan bisa membawa dua satelit dalam satu misi peluncuran. (Baca: Panasnya bisnis roket)

Peluncuran misi ke-80 ini dilakukan pada Rabu (28/6) 6:15 waktu Kourou (French Guiana) di Guiana Space Center (CSG), Europe’s Spaceport in French Guiana (South America).  

Hellas Sat 3 adalah satelit pertama milik Arabsat Group yang dibawa oleh Ariane 5. Satelit ini akan melayani siaran direct-to-home (DTH) dan layanan telekomunikasi ke Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Arianespace juga akan meluncurkan sateliut Hellas Sat 4.

Selama 14 tahun terakhir, roket Ariane 5 telah membawa 160 satelit masuk ke slot orbitnya. Dalam lima bulan 2017, sudah ada tujuh misi peluncuran dilakukan Arianespace. Ada lima misi lagi yang harus dilakukan di 2017 ini.(wn)