Aplikasi Mastel sediakan fitur Turn Back Hoax

ilustrasi

JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) memberikan fasilitas digital bagi pengguna media sosial yang terganggu dengan berita fitnah atau hoax yang akhir-akhir ini semakin marak beredar di dunia maya.

"Berangkat dari gerakan Turn Back Hoax yang baru-baru ini menjadi gerakan penyeimbang atas penyebaran berita fitnah dan hoax, MASTEL sebagai bagian dari elemen masyarakat mengangkat mekanisme crowdsourcing pelaporan berita fitnah dan hoax yang sudah dikembangkan oleh rekan-rekan aktivis Turn Back Hoax ke dalam aplikasi MASTEL yang kini telah tersedia di Google Playstore dan iOS AppStore," ungkap Juru Bicara Mastel teguh Prasetya dalam pesan singkatnya ke IndoTelko, (30/12).

Sebagaimana yang terdapat pada website Turn Back Hoax. Fitur Laporkan HOAX yang ada di dalam aplikasi MASTEL dapat digunakan publik untuk melaporkan berbagai informasi fitnah dan hoax, baik itu halaman situs, pesan berantai, maupun gambar.

Laporan tersebut akan langsung MASTEL sampaikan kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif. Sehingga nantinya bisa menjadi basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator.

Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur Laporkan HOAX melalui Aplikasi MASTEL mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax yang tersebar luas.

"Ayo kita dukung gerakan Turn Back HOAX. Marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan Masyarakat yang lebih beradab," pintanya.(wn)