Telkom Dukung Penuh Pelaksanaan UNBK

Suasana pelaksanaan UNBK (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung penuh pelaksanaan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajatnya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online, yaitu soal ujian dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

“Sekitar 97% dari sekolah yang melaksanakan UNBK untuk SMP dan sederajatnya pada awal Mei 2016 ini menggunakan jaringan Telkom. Kami sudah lakukan persiapan dan mengawal dengan serius agar kegiatan ini sukses,” tegas Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu (11/5).

Dikatakannya, Telkom sudah memiliki pengalaman dalam mengawal kegiatan seperti UNBK. “Untuk kegiatan UNBK SMA dan sederajatnya beberapa waktu lalu, Telkom sukses menjalankan perannya. Dengan persiapan yang maksimal, kita optimistis UNBK SMP dan Sederajatnya akan sama suksesnya. Ini bakti Telkom Bagi Negeri,” tutupnya.

EGM Telkom Divisi Government Service M. Salsabil menambahkan, persiapan yang dilakukan Telkom di sisi jaringan untuk mendukung UNBK SMP dan Sederajatnya adalah sinkronisasi data dari server sekolah ke server milik Pustekkom Diknas pada 6 hingga 8 Mei 2016 lalu. Tim dari Telkom juga melakukan visit sampling ke sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

“Telkom mendukung dan mengamankan link-link ke server utama milik Pustekkom Diknas di 12 lokasi. Pengamanan dilakukan dengan meningkatkan kapasitas bandwidth dan monitoring khusus oleh Satgas UNBK Telkom yang berlokasi di Divisi Government Service dan posko-posko regional operation center di setiap Divisi Telkom Regional hingga ke seluruh Witel di Indonesia,” katanya.

Sekadar informasi, UNBK untuk SMP dan sederajatnya dimulai pada 9 hingga 12 Mei 2016. Sedangkan ujian susulan dilakukan pada 16 hingga 17 Mei 2016.(wn)